detikNews
2019/10/06 08:20:10 WIB

Komnas HAM Bakal Bikin Tim Usut Tewasnya Maulana Suryadi Saat Demo di DPR

Matius Alfons - detikNews
Halaman 1 dari 2
Komnas HAM Bakal Bikin Tim Usut Tewasnya Maulana Suryadi Saat Demo di DPR Ahmad Taufan Damanik (Foto: Ari Saputra/detikcom)
Jakarta - Komnas HAM mengimbau keluarga mengadukan soal tewasnya Maulana Suryadi (23) alias Yadi saat demo ricuh di gedung DPR RI. Menurut Komnas HAM, pengaduan itu bakal mempermudah mereka untuk meminta Polri menyelidiki ulang kasus ini.

"Kita harap keluarga mengadu ke Komnas HAM sehingga memudahkan kami untuk meminta Polri menyelidiki ulang kasus ini, juga melakukan otopsi untuk lebih memastikan apa penyebab kematian almarhum," kata Ketua Komnas HAM, Ahmad Taufan Damanik, saat dihubungi, Sabtu (5/10/2019) malam.



Taufan juga meminta polisi menuntaskan kasus ini. Menurutnya polisi harus mengerahkan seluruh insturmennya untuk menyelidiki kasus ini.

"Kita juga minta polisi menggunakan semua instrumen yang ada untuk menyelidiki kasus ini sampai tuntas." ujar Taufan.

Sementara itu, Wakil Ketua Bidang Eksternal Komnas HAM, Sandrayati Moniaga mengatakan kematian demonstran usai ricuh di DPR RI harus diselidiki. Sandra mengatakan pihaknya akan membentuk tim penyelidik untuk mencari adanya dugaan pelanggaran HAM terkait jatuhnya korban jiwa saat demo berujung ricuh selama bulan September 2019.

"(Membentuk) tim pemantauan dan penyelidikan, Komnas HAM juga akan melakukan pemantauan atas banyaknya korban yang jatuh dan dugaan pelanggaran HAM lainnya yang terjadi saat dan pasca demonstrasi 24 September dan seterusnya," ujar Sandra.

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com