Buzzer dan Kakak Pembina

Siapa Sosok Kakak Pembina Para Buzzer Istana?

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Sabtu, 05 Okt 2019 09:03 WIB
Ilustrasi penggunaan media sosial/Foto: detikINET - Irna Prihandini

Dia mengatakan, tak tahu siapa sebenarnya sosok kakak pembina. Istilah kakak pembina itu dipakai dalam undangan nonton bareng debat Pilpres 2019.

"Saya juga kurang tahu ya. Sebab itu cuma beberapa kali pertemuan saat nobar. Tapi memang selalu ada istilah itu, 'undangan dari kakak pembina'. Mungkin kalau (pakai kata) bos sudah biasa," ungkapnya.

Alif kemudian mencoba mengingat-ingat. Panggilan 'kakak pembina' dia ketahui pertama kali dari undangan via WhatsApp dari anggota tim media sosial Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf Amin. Nama anggota tim media itu adalah Mbak Retha. 'Kakak Pembina' di undangan itu bertindak sebagai pihak pengundang.

"Dulu saya di WA sama siapa gitu, Mbak Retha, diundang nobar. Sebagai pendukung Jokowi ya datang aja. (Mbak Retha) Orang relawan di situ juga mas. Bagian yang menghubungi pegiat sosmed kayaknya," sambungnya.

Persepsi populer berkembang, mereka-mereka yang terpotret berkumpul di bawah arahan Kakak Pembina adalah buzzer Istana. Namun Alif membantahnya. Soalnya, tak ada duit dari Istana Kepresidenan yang masuk ke kantong Alif dan kawan-kawannya.

"Kalau ada anggapan buzzer Istana sama dengan dibayar Istana, itu nggak benar. Karena tanpa dibayar pun Seword udah dukung Jokowi dan kami mandiri dari iklan dan service apps," tegas Alif saat ditanya soal label 'buzzer Istana' yang tersemat pada dirinya dan medianya.

Belakangan, Kepala Staf Presiden (KSP) Moeldoko menanggapi pertanyaan yang mengelayuti media sosial, apakah Kakak Pembina itu adalah dirinya atau bukan. Moeldoko membantah. Mantan Panglima TNI itu sebenarnya juga tidak ada dalam acara yang dipotret oleh Seword itu.

Alif mengaku belum pernah bertemu dengan Moeldoko yang kerap diisukan oleh warganet sebagai sosok Kakak Pembina. Saat Pilpres 2019, Moeldoko menjabat sebagai Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf.

"Saya seumur hidup nggak pernah ketemu Moeldoko," jelasnya.

Secara terpisah, detikcom kemudian menghubungi Denny Siregar yang juga ada dalam foto tersebut. Denny mengaku tak tahu siapa yang dimaksud dengan Kakak Pembina. Namun dia menjelaskan, foto tersebut diambil saat acara nonton bareng debat Pilpres 2019.

"Itu kan waktu Pilpres diajak nonton debat bareng. Semua juga waktu itu nobar. Salahnya di mana? Pendukung Jokowi kumpul dan diskusi bersama, dimana-dimana begitu. Kalau kemudian Seword bilang ada kakak pembina, ya tanya Seword. Mungkin itu bahasa bombastisnya mereka saja untuk naikkan traffic," ujar Denny kepada detikcom.

Denny mengatakan dirinya baru tahu istilah 'kakak pembina' itu. Dia pun mengaku kenal dengan orang Istana, meskipun tidak kenal dekat dan tak ada hubungan yang istimewa.

"Saya malah baru tahu dari orang-orang. Saya juga kenal biasa aja (sama orang Istana), nggak kenal dekat. Nggak ada yang istimewa," kata pria yang akrab disapa Bung Densi ini.