detikNews
2019/10/04 18:31:36 WIB

Beruang Madu Muncul di Madina Buat Warga Resah, Kandang Jebak Dipasang

Budi Warsito - detikNews
Halaman 1 dari 2
Beruang Madu Muncul di Madina Buat Warga Resah, Kandang Jebak Dipasang Petugas BTNBG Madina memasang camera trap dan kandang jebak untuk menangkap beruang madu. (Dok. BTNBG)
Medan - Kemunculan beruang madu di Kabupaten Mandailing Natal (Madina), Sumatera Utara (Sumut), membuat warga sekitar resah. Terkait hal itu, pihak Balai Taman Nasional Batang Gadis (BTNBG) memasang dua kandang jebak.

Kepala Subbagian Tata Usaha Balai Taman Nasional Batang Gadis (BTNBG) Madina, Bobby Nopandry, mengatakan sebenarnya warga sudah terbiasa melihat beruang. Tetapi kemunculan kali ini membuat resah warga.

"Jadi meminta kita untuk mengevakuasinya (beruang madu)," kata Bobby Nopandry, dalam keterangannya, Jumat (4/10/2019).


Informasi yang diperoleh menyebutkan beruang tersebut muncul selama dua minggu terakhir. Beberapa kali warga melihat langsung keberadaan beruang tersebut. Tak hanya itu, beruang juga meninggalkan jejak kemunculannya berupa bekas cakaran di batang pohon.

Menurut Bobby, beruang yang muncul sama dengan beruang yang pernah dihalau beberapa bulan lalu. Tetapi, mereka akan memastikan hal itu terlebih dahulu dengan cara memasang camera trap.

Dari bekas cakaran, diduga yang muncul beruang madu dewasa Dari bekas cakaran, diduga yang muncul beruang madu dewasa. (Foto: Dok BTNBG)

"Kan akan kita ketahui. Apakah itu beruang dewasa, apakah hanya satu atau dua. Itu gunanya camera trap," terang Bobby.




Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com