detikNews
Jumat 04 Oktober 2019, 16:59 WIB

Anggota BPK Rizal Djalil Buka Suara soal Status Tersangka KPK

Ibnu Hariyanto - detikNews
Anggota BPK Rizal Djalil Buka Suara soal Status Tersangka KPK Anggota BPK Rizal Djalil tersangka KPK (Foto: Ari Saputra/detikcom)
Jakarta - Anggota BPK Rizal Djalil angkat bicara tentang status tersangka di KPK terkait suap proyek pembangunan sistem penyediaan air minum (SPAM) di Kementerian PUPR. Apa kata dia?

"Nanti saja kalau substansi nanti, kalau pemeriksaan hari ini tanyakan ke penyidik," kata Rizal di KPK, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Jumat (4/10/2019).

Rizal baru tuntas menjalani pemeriksaan di KPK sebagai saksi untuk tersangka lain yaitu Leonardo Jusminarta Prasetyo. Dia mengaku sudah memberikan keterangan ke penyidik secara kooperatif.

"Saya dimintai keterangan sebagai saksi saudara L. Semuanya sudah dijelaskan ke penyidik dan saya siap memberikan keterangan yang diperlukan," ujarnya.




"Dokumennya banyak sudah diserahkan," imbuh Rizal.

Dalam kasus ini Rizal diduga menerima suap dari Leonardo. Leonardo adalah Komisaris PT Minarta Dutahutama (MD) yang mengerjakan proyek pada Direktorat SPAM tersebut dengan bantuan Rizal. Rizal diduga mendapat suap SGD 100 ribu dari Leonardo.

Perkara Rizal ini merupakan pengembangan yang dilakukan KPK dalam operasi tangkap tangan (OTT) pada tahun 2018. KPK pada awalnya menjerat 8 orang sebagai tersangka. Kedelapan orang itu saat ini sudah divonis bersalah menerima dan/atau memberikan suap.


Simak juga video "Anggota BPK Rizal Djalil jadi Tersangka KPK Terkait Kasus SPAM":

[Gambas:Video 20detik]


(ibh/dhn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com