detikNews
Jumat 04 Oktober 2019, 16:29 WIB

Wiranto: KKB Dapat Instruksi Benny Wenda Serang Pendatang di Wamena

Lisye Sri Rahayu - detikNews
Wiranto: KKB Dapat Instruksi Benny Wenda Serang Pendatang di Wamena Konferensi Pers Wiranto (Foto: Lisye/detikcom)
Jakarta - Menko Polhukam Wiranto mengatakan ada instruksi tokoh separatis Papua, Benny Wenda, di balik kericuhan di Wamena, Papua. Benny, kata Wiranto, menginstrusikan kelompok kriminal bersenjata (KKB) untuk menyerang masyarakat pendatang di Wamena.

"Kita terus mengejar siapa aksi-aksi provokasi dan sebagainya. Tapi serangan-serangan itu kan dilakukan oleh KKB. Kelompok bersenjata mereka. Mereka dapat instruksi dari Benny Wenda untuk menyerang pendatang dan kerusuhan di kota-kota, termasuk di media sosial," kata Wiranto di Kemenko Polhukam, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Jumat (4/10/2019).


Wiranto menyebut provokasi di media sosial terus dilakukan untuk menciptakan kegaduhan sehingga Wiranto mengimbau masyarakat agar tidak terprovokasi serta mendinginkan suasana.

"Maka kita mengharapkan masyarakat terutama masyarakat yang bergerak di medsos bantu mendinginkan suasana ini. Membantu agar masyarakat menghilangkan trauma itu," kata dia.


Selain itu, Wiranto mengatakan Kapolda Papua Irjen Paulus Waterpauw telah mengimbau masyarakat agar kembali ke Wamena. Sementara itu, Wiranto memastikan pemerintah terus berupaya untuk memberikan jaminan keamanan kepada warga.

"Kapola Papua kan sudah juga menyampaikan penjelasan ke masyarakat, bahwa mengimbau ke masyarakat ayo balik ke sana. Namun kami juga harus memberikan jaminan keamanan yang utuh," ucapnya.



Simak Video "Cerita Pengungsi soal Rusuh Wamena, Bikin Trauma dan Tak Mau Kembali"

[Gambas:Video 20detik]
(lir/haf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com