detikNews
2019/10/04 09:51:50 WIB

Ditagih Mahasiswa, Pak Jokowi Kapan Keluarkan Perppu KPK?

Tim detikcom - detikNews
Halaman 1 dari 3
Ditagih Mahasiswa, Pak Jokowi Kapan Keluarkan Perppu KPK? Jokowi (Foto: Andhika Prasetia/detikcom)
Jakarta - Mahasiswa-mahasiswa terus bersuara meminta agar Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerbitkan Perppu KPK. Sudah bilang mempertimbangkan, kapan Jokowi memenuhi permintaan mahasiswa itu?

Permintaan tersebut disampaikan saat para mahasiswa itu bertemu dengan Kepala Staf Kepresidenan, Moeldoko, pada Kamis (3/10/2019). Beberapa di antara mahasiswa yang hadir ialah Presiden Mahasiswa Universitas Trisakti, Dino Ardiansyah. Ada pula mahasiswa Universitas Paramadina, Universitas Tarumanegara hingga Universitas Kristen Krida Wacana (Ukrida).

"Kita komunikasi untuk arahnya menunggu kepastian dari pihak negara bahwa substansi kita, khususnya di UU KPK ada kepastian. Minimal dari Pak Jokowi selaku eksekutif bisa ada statement mengeluarkan Perppu," kata Dino di kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Kamis (3/10/2019).



Mereka juga meminta Jokowi membuka jajak pendapat terkait tuntutan itu hingga batas waktu tertentu. Jika tidak, akan ada gerakan mahasiswa lebih besar lagi.

"Kita mendesak negara membuat adanya agenda jajak pendapat antara negara, presiden, dengan mahasiswa sampai 14 Oktober," ucap Dino.

"Kalaupun sampai 14 Oktober tidak ada juga diskusi tersebut dan tidak ada statement dari Presiden, kita pastikan mahasiswa akan turun ke jalan dan lebih besar lagi," imbuhnya.

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com