detikNews
2019/10/03 20:39:42 WIB

Round-Up

Diduga Siapkan Bom Ikan, Dosen IPB Dinonaktifkan

Tim detikcom - detikNews
Halaman 1 dari 4
Diduga Siapkan Bom Ikan, Dosen IPB Dinonaktifkan Foto: Kampus IPB/ipb.ac.id
Jakarta - Abdul Basith dinonaktifkan sementara sebagai dosen di Institut Pertanian Bogor (IPB University). Langkah itu dilakukan IPB setelah Abdul Basith ditahan karena menjadi tersangka perancang demo rusuh.

Tim Densus 88 Antiteror Polri dan Ditreskrimum Polda Metro Jaya menangkap Abdul di rumahnya di kawasan Tangerang, Sabtu (28/9) malam. Dia diduga menyimpan bom ikan yang dipersiapkan untuk membuat kerusuhan di Aksi Mujahid 212.

"Perannya yang bersangkutan menyimpan 28 molotov untuk mendompleng demo Mujahid 212 dengan melakukan pembakaran-pembakaran di Jakarta," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono kepada detikcom, Senin (30/9).



Argo mengatakan Abdul Basith mendanai dua ahli perakit bom yang berasal dari Papua dan Ambon. Abdul Basith mengeluarkan uang Rp 8 juta untuk mendatangkan kedua orang tersebut.

"Tersangka AB itu memberi dana untuk mendatangkan ahli pembuat bom ikan," ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono kepada wartawan di Polda Metro Jaya, Jakarta, Kamis (3/10).

"Bom ikan yang di dalamnya ada pakunya di sana, itu dari Papua dan juga dari Ambon ada yang disuruh ke Jakarta dibiayai untuk tiketnya. Ada Rp 8 juta yang diberikan untuk beli tiket di situ," sambung dia.

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com