detikNews
2019/10/03 19:09:58 WIB

Politikus-politikus Dunia yang Buang Muka di Depan Lawan Politiknya

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Halaman 1 dari 3
Politikus-politikus Dunia yang Buang Muka di Depan Lawan Politiknya Foto: Presiden Donald Trump saat buang muka dan enggan menjabat tangan Kanselir Jerman Angela Merkel. (AFP)
Jakarta - Adegan ketika Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri yang buang muka dan tak menyelami Ketum NasDem Surya Paloh dalam acara pelantikan DPR/MPR terus jadi perbincangan. Aksi politikus yang buang muka dan enggan bersalaman dengan politikus lain juga pernah terjadi di dunia.

Sebagaimana diketahui pada Rabu (2/10/2019), Megawati berjalan di kursi wilayah VIP di dalam Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen. Orang-orang yang dilewati Megawati berdiri dan menyalaminya.

Komandan Satuan Tugas Bersama (Kogasma) Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono menjura kepada Megawati. Sedangkan politikus Golkar Rizal Mallarangeng menyalami Megawati, juga sambil membungkukkan badan. Di sebelah kanan Rizal, ada Surya Paloh dalam posisi berdiri. Dia hanya berdiri, tak menjulurkan tangan untuk bersalaman ke arah Megawati.

Sementara Megawati buang muka atau melengos ke arah lain, seolah-olah menatap sesuatu, sembari tetap berjalan melewati Surya Paloh yang kembali duduk. Megawati lalu bersalaman dengan Wapres Terpilih Ma'ruf Amin dan Ketum PPP Suharso Monoarfa.

Momen Megawati yang buang muka dari arah Surya Paloh ini semakin menguatkan isu kerenggangan di antara keduanya. Aksi buang muka dan enggan bersalaman itu juga pernah dilakukan oleh beberapa politikus dunia. Pada Rabu (2/10), detikcom merangkum beberapa aksi buang muka dan enggan berjabat tangan yang pernah dilakukan beberapa politikus di negara lain.


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
BERITA TERBARU +