detikNews
2019/10/03 15:19:53 WIB

Senangnya Para Calon Kades Cuma Bayar Rp 10 Ribu Urus Surat di Pengadilan

Andi Saputra - detikNews
Halaman 1 dari 3
Senangnya Para Calon Kades Cuma Bayar Rp 10 Ribu Urus Surat di Pengadilan Foto: Para calon Kades urus administrasi di PN Gunungsugih (ist.)
Gunungsugih - Untuk berlaga di pemilihan kepada desa (pilkades), para calon harus menurus sejumlah syarat administrasi dari surat sehat, surat keterangan berkelakuan baik hingga surat tidak pernah dipidana. Mereka kadang harus merogoh kocek cukup dalam. Tapi Pengadilan Negeri (PN) Gunungsugih, Lampung, bikin para calon justru bersyukur. Kok bisa?

Surat Keterangan (Suket) tidak pernah dipidana itu menjadi otoritas pengadilan. Awalnya para calon menyiapkan uang ratusan ribu rupiah untuk mengurusnya. Tapi mereka kaget saat mengetahui hanya dimintai Rp 10 ribu perak.

"Alhamdulilah, dengan adanya pembuatan suket dari Pengadilan Negeri (PN) Gunungsugih tidak memberatkan bagi kita-kita terutama kita-kita calon kepala kampung. Sangat kecil sekali cuma Rp 10 ribu, beda dengan persyaratan lain, ada yang Rp 650 ribu, ada yang Rp 250 ribu," kata calon kepala desa Rejosari, Mataram, Nyoman di PN Gunungsugih, Kamis (3/10/2019).


Kegembiraan lain juga diutarakan oleh calon kades lainnya, Nurkholis. Sebagai ustad, ia termasuk yang kaget ternyata masih ada pelayanan murah di Lampung.

"Ini yang diharapakn semua masyarakat. Semua instansi pemerintah memberikan pelayanan dengan seadil-adilnya. Cocok dengan slogan Pengadilan: transparansi dan adil. Dan apa yang kita rasakan, surat keterangan di sini benar adanya seperti itu. Tidak dipersulit. Dan memang hanya Rp 10 ribu. Untuk beberapa di instansi pemerintah yang lain lebih dari itu. Mudah-mudahan bisa meniru cara-cara yang adil. Terimakasih PN Gunungsugih. Semoga makin top," ujar Nurkholis.
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com