Pemprov DKI Angkut Beton Bekas Penutup Jalan Gatot Subroto Depan DPR

Rahel Narda Chaterine - detikNews
Kamis, 03 Okt 2019 11:50 WIB
Beton pembatas di DPR dirapikan. (Rahel Narda Chaterine/detikcom)
Jakarta - Pemprov DKI mulai merapikan beton pembatas movement concrete barrier (MCB) yang sempat digunakan untuk menutup Jalan Gatot Subroto ke arah DPR. Puluhan personel dari Dinas Bina Marga dikerahkan untuk mengangkut pembatas beton itu.

Pantauan di depan gedung DPR, Kamis (3/10/2019), ada 20 personel yang turun untuk merapikan sisa beton pembatas. Beton-beton itu diangkut dari trotoar kawasan DPR menggunakan dua truk.

"Truk yang satu buat perapian MCB yang tidak pada tempatnya dan yang satu pengecatan MCB," kata Koordinator Lapangan Dinas Bina Marga, Doyo Pranoto, di depan gerbang DPR, Jalan Gatot Subroto, Jakarta Pusat, Kamis (3/10/2019).
Trotoar di kawasan DPR setelah beton pembatas dirapikan.Trotoar di kawasan DPR setelah beton pembatas dirapikan. (Rahel Narda Chaterine/detikcom)


Selain mengangkut pembatas beton yang tidak rapi di sekitar depan gedung DPR, petugas Bina Marga mengecat pembatas di jalur TransJakarta. Doyo mengatakan Bina Marga hanya mengangkut pembatas beton saja, sementara kawat berduri bekas penjagaan demo tetap berada di pinggir jalan karena kewenangan kepolisian.

"Kawat duri paling saya pinggirkan ke sini (pinggir trotoar), supaya trotoar berfungsi seperti semula. Karena itu kan kawat duri bukan kewenangan kami. Itu punya polisi kalau tidak salah," ujar Doyo.

Petugas Bina Marga mengecat pembatas trotoar.Petugas Bina Marga mengecat pembatas TransJakarta. (Foto: Rahel Narda Chaterine/detikcom)


Doyo menambahkan, Pemprov DKI baru bisa turun merapikan sisa demo lantaran kondisi jalan yang baru bisa dilalui hari ini. Selain itu, pihaknya juga baru diizinkan masuk ke area kawasan depan DPR.

"Karena memang situasinya kemarin belum bisa, kita belum bisa masuk di dalam area gedung DPR karena masih dijaga sama petugas. Nah baru sekarang diizinkan masuk membersihkan MCB yang berantakan," ujar Doyo. (idn/idn)