detikNews
2019/10/03 07:26:34 WIB

Surya Paloh Lempar Isu Pemakzulan Terkait Perppu KPK, Ini Penjelasan NasDem

Gibran Maulana Ibrahim - detikNews
Halaman 2 dari 2
Surya Paloh Lempar Isu Pemakzulan Terkait Perppu KPK, Ini Penjelasan NasDem Foto: Taufiqulhadi (Foto: Ari Saputra/detikcom)


Perpaduan hubungan eksekutif yang memburuk dan potensi timbulnya demo jika Presiden Jokowi menerbitkan Perppu KPK, kata Taufiqulhadi, bisa menjadi celah impeachment atau pemakzulan. Menurutnya, kelompok-kelompok yang gagal menghadang laju Jokowi menjabat presiden dua periode sedang mencari-cari momen.

"Memburuknya hubungan dengan legislatif dan eksekutif yang pertama, arus yang kedua adalah arus yang didorong oleh kelompok-kelompok yang dulu ingin menghalangi Pak Jokowi jadi presiden. Sekarang dia memiliki kesempatan yang kedua," sebut dia.


Anggota DPR periode 2014-2019 itu menyebut apa yang disampaikan Surya Paloh merpakan pesan yang perlu jadi rujukan. Dia mengatakan tak ada niat lain dari NasDem selain untuk menjaga Presiden Jokowi agar tidak salah langkah.

"Karena itu apa yang diingatkan Ketum NasDem saya berharap jadi rujukan karena NasDem itu dalam konteks Pak Jokowi adalah ikhlas betul dan Pak Jokowi itu adalah presidenku, NasDem partaiku. Jadi tidak ada pemisah antara keduanya. Kami itu adalah sikap kepada Pak Jokowi itu sama tindakan tersebut kepada NasDem karena itu diingatkan oleh ketum," katanya.


Untuk diketahui, partai-partai pendukung Jokowi menguasai parlemen 2019-2024. Apakah masih mungkin hubungan Jokowi dengan DPR memburuk seandainya perppu untuk membatalkan UU KPK diterbitkan presiden?

"Itulah saya memberitahukan karena di DPR kalau misalnya Pak Jokowi mengeluarkan hal itu, padahal itu adalah kesepakatan semua fraksi, itu kan menjadi terpecah-pecah nanti. Nanti itu adalah fraksi yang di DPR yang sudah bersatu mendukung hal tersebut itu bisa kemudian berbelok ke kiri dan ke kanan," Taufiqulhadi menganalisis.
(gbr/fai)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com