Lobi Panjang La Nyalla Menuju DPD 1 - Halaman 2

Lobi Panjang La Nyalla Menuju DPD 1

Pasti Liberti Mappapa, Ibad Durohman - detikNews
Rabu, 02 Okt 2019 16:31 WIB
La Nyalla Mattalitti (detikcom)
La Nyalla Mattalitti (detikcom)

Kunci lainnya menurut Alirman, La Nyalla berhasil meyakinkan senator terpilih lainnya untuk menjadikan DPD lebih bertaji. "Saya lihat pak La Nyalla piawai dalam melobi. Memang tidak banyak bicara, tapi beliau secara konkrit mampu menyampaikan dan mengartikulasikan pesan politiknya pada teman-teman anggota. Dalam komunikasinya dia selalu bilang pada para anggota menjadikan DPD sebagai lembaga yang kuat dan bermartabat," ujar Alirman.

Lobi intensif La Nyalla juga diungkap Haripinto Tanuwidjaja, senator asal Provinsi Kepulauan Riau. Anggota Badan Kehormatan DPD periode 2014-2019 itu mengaku didekati mantan Ketua Umum Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) itu sejak beberapa bulan lalu. "Saya juga sempat ditemui, waktu itu saya diajak ngopi di kafe dekat rumah saya di Jakarta Pusat. Ngobrol-ngobrol informal aja, sambil ngopi-ngopi," ujar Haripinto pada detikcom.



Dalam penyampaian visi dan misinya sebelum pemilihan, Nyalla memberikan beberapa catatan untuk menguatkan peran DPD. Nyalla menegaskan sejak DPD pertama kali berdiri hingga saat ini, hanya ada empat kantor di daerah. Yakni Yogyakarta, Sumatera Selatan dan Nusa Tenggara Timur. Dia berjanji akan membangun lagi kantor DPD di daerah dengan berkoordinasi dengan beberapa gubernur. Tanahnya didapatkan hibah dari Pemda setempat.

Dia juga menjanjikan meminta pemerintah, dalam hal ini menteri keuangan, menyediakan anggaran pembelian rumah untuk para senator di Jakarta. Alasannya, banyak anggota DPD yang belum punya rumah di Jakarta. Kunjungan kerja anggota DPD untuk ke luar negeri menurut Nyalla harus dibiayai dengan sistem lumsum (uang yang dibayarkan sekaligus untuk semua biaya), bukan at cost. Selain itu, tugas ke luar negeri tersebut harus mendapat fasilitas untuk membawa staf seperti yang terjadi di DPR.



Tak hanya itu, La Nyalla menjanjikan menambah dukungan tenaga ahli bagi setiap anggota DPD. Selama ini anggota DPD dijatah tiga staf. Nyalla menyebut jumlah itu masih tak mencukupi menyokong tugas para senator. Menurutnya, setiap anggota DPD idealnya didampingi minimal lima staf. La Nyalla pun menyatakan akan menghidupkan kembali kaukus perempuan DPD.
Selanjutnya
Halaman
1 2 3