detikNews
2019/10/02 14:05:52 WIB

Soal Momen Kikuk 'Salaman' Megawati-AHY, Demokrat: Semua Baik-baik Saja

Elza Astari Retaduari - detikNews
Halaman 1 dari 2
Soal Momen Kikuk Salaman Megawati-AHY, Demokrat: Semua Baik-baik Saja AHY dan keluarga saat bertemu dengan Megawati. (Instagram/@puanmaharaniri)
Jakarta - Bukan hanya momen salaman Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri dan Ketum NasDem Surya Paloh saja yang jadi perhatian. Ada momen kikuk atau canggung saat momen Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) hendak menyalami Megawati.

Momen tersebut terjadi saat acara pelantikan anggota DPR/MPR di Ruang Paripurna I, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (1/10/2019). Megawati disorot kamera saat sedang berjalan masuk di wilayah VIP ruang paripurna I. Orang-orang yang dilewati Megawati berdiri dan menyalami Presiden RI ke-5 itu.


AHY berdiri untuk menyapa Megawati. Komandan Kogasma Demokrat itu menjura atau membungkuk dengan menangkupkan kedua tangan dengan maksud memberi hormat. Megawati yang melihat gestur AHY tampak membalasnya dengan mengangguk dan tersenyum.

Namun tampaknya AHY ingin juga menyalami Megawati. Ia mengulurkan tangan saat Megawati sudah berjalan melewatinya. Alhasil, Megawati tidak melihat maksud AHY itu. AHY pun gagal menyalami Megawati.

Soal Momen Kikuk 'Salaman' Megawati-AHY, Demokrat: Semua Baik-baik SajaJansen Sitindaon (Dok. Pribadi)

Video tersebut menjadi viral. Apalagi Megawati setelahnya juga tampak melengos saat berada di depan Surya Paloh, yang duduk tak jauh dari AHY. Partai Demokrat menilai gestur salaman kikuk AHY dengan Megawati sebagai suatu hal yang biasa saja.

"Semua baik-baik saja ya. Tidak tepat juga rasanya kita mengukur sesuatu menggunakan video sepotong yang hanya beberapa detik itu ya. Apalagi itu di situasi ramai kan di mana fokus orang terhadap sekitar bisa saja kurang," ujar Ketua DPP Demokrat Jansen Sitindaon kepada wartawan, Selasa (2/10/2019).

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com