detikNews
Rabu 02 Oktober 2019, 13:19 WIB

KY Selidiki Pertemuan Hakim Kasus BLBI dengan Pengacara Syafruddin

Eva Safitri - detikNews
KY Selidiki Pertemuan Hakim Kasus BLBI dengan Pengacara Syafruddin Jaja Ahmad Jayus (Ari/detikcom)
Jakarta - Komisi Yudisial (KY) tengah mendalami pertemuan antara hakim kasus BLBI Syafruddin Arsyad Temenggung (SAT), Syamsul Rakan Chaniago, dan pengacara Syafrudin. KY akan mendalami ada atau tidaknya praktik penyuapan.

"Ya itu yang sedang kita dalami ya, kan kalau sekarang yang terbukti oleh MA bertemu pihaknya diakui tapi tidak terkait dengan perkara sehingga sanksinya seperti yang beredar kita sudah dapat tembusannya," ujar Ketua KY Jaja Ahmad Jayus di Kantor KY, Jl Kramat Raya, Jakarta Pusat, Rabu (2/10/2019).

Sebelumnya diberitakan, yang bersangkutan mengadakan kontak hubungan dan pertemuan dengan Ahmad Yani--salah seorang penasihat hukum terdakwa SAT--di Plaza Indonesia pada 28 Juni 2019, pukul 17.38-18.30 WIB.

Atas alasan tersebut, Mahkamah Agung (MA) telah menjatuhkan sanksi kepada Syamsul Rakan Chaniago, hakim ad hoc Tipikor pada MA. Sebagai terlapor dikenai sanksi sedang berupa hakim non-palu selama 6 bulan.

"Sudah diputuskan oleh tim pemeriksa MA dengan putusan bahwa Sdr Syamsul Rakan Chaniago dipersalahkan karena di kantor law firm masih tercantum atas namanya walau yang bersangkutan sudah menjabat sebagai hakim ad hoc Tipikor pada MA," kata juru bicara MA, hakim agung Andi Samsan Nganro, kepada detikcom, Minggu (29/9).

"Sebagaimana diatur dalam Pasal 21 huruf b Peraturan Bersama Ketua MA dan Ketua KY No. 02/PB/MA/IX/2012 - 02/BP/P-KY/09/2012," imbuhnya.


Simak Video "Rommy Bandingkan Kasus BLBI dan OTT-nya, Bagaikan Semut Vs Gajah"

[Gambas:Video 20detik]


(eva/asp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com