Loncat Indah Cak Imin di Parlemen

Round-Up

Loncat Indah Cak Imin di Parlemen

Tim Detikcom - detikNews
Selasa, 01 Okt 2019 21:36 WIB
Muhaimin Iskandar (Cak Imin). (ANTARA FOTO/Fikri Yusuf)
Muhaimin Iskandar (Cak Imin). (ANTARA FOTO/Fikri Yusuf)
Jakarta - Muhaimin Iskandar melakukan lompatan di parlemen. Sementara sebelumnya Muhaimin mengincar kursi Ketua MPR, kini pria yang akrab disapa Cak Imin itu akhirnya berlabuh menjadi salah satu Wakil Ketua DPR.

Cak Imin menjadi salah satu anggota DPR yang kembali dilantik hari ini, Selasa (1/10/2019). Ketum PKB itu pada periode MPR/DPR 2014-2019 menjabat sebagai Wakil Ketua MPR. Cak Imin duduk di kursi pimpinan sejak 2018, setelah DPR mengesahkan revisi UU MD3 yang mengubah pimpinan MPR dari lima menjadi delapan orang.

Kala itu, akhirnya disepakati tambahan 3 pimpinan MPR diberikan untuk PDIP, PKB, dan Gerindra. PDIP menunjuk Utut Adianto, PKB menunjuk Cak Imin, dan Gerindra menunjuk Ahmad Muzani.

Jauh hari sebelum pergantian periode MPR/DPR, Cak Imin sudah bermanuver agar PKB mendapat jabatan Ketua MPR untuk periode parlemen 2019-2024. Sama seperti Golkar, PKB terang-terangan mengincar kursi MPR-1.


"Saya ingin di MPR, menteri sudah pernah, cukuplah saya mengabdi di eksekutif, gantian saya biar di legislatif," tutur Cak Imin, Selasa (9/7) malam.

Cak Imin bahkan pada Jumat (5/7) lalu telah meminta restu wakil presiden terpilih Ma'ruf Amin. Ia secara gamblang mengaku meminta restu agar sukses melobi kursi Ketua MPR.

"Ya kami mohon doa restunya agar sukses dalam lobi-lobi pimpinan MPR nanti. Kita mengajukan, tapi kan nanti tergantung responsnya," ujar Cak Imin saat itu.

Nama Cak Imin pun disebut yang akan diajukan PKB sebagai calon Ketua MPR 2019-2024. Alasannya, Cak Imin dianggap sudah teruji oleh sejarah.

"PKB hanya mengajukan Cak Imin karena memang saat ini Cak Imin sebagai kader terbaik sekaligus mewakili NU sebagai penjaga konstitusi," kata Ketua DPP PKB Daniel Johan kepada wartawan, Selasa (23/7).
Selanjutnya
Halaman
1 2