Koster Bersyukur Demo di Bali Tertib: Jaga Citra Bali Destinasi Wisata

Aditya Mardiastuti - detikNews
Selasa, 01 Okt 2019 12:54 WIB
Wayan Koster (Foto: Aditya Mardiastuti/detikcom)
Denpasar - Rencana pengesahan sejumlah rancangan undang-undang (RUU) menuai gelombang demonstrasi di berbagai kota, salah satunya Bali. Gubernur Bali Wayan Koster bersyukur demonstrasi di Bali bisa berjalan tertib.

"Di sana-sini kita menghadapi dinamika politik tidak saja di Jakarta di daerah lain, bahkan sudah masuk ke Bali. Kemarin masih ada demo, syukur demonya bisa dikelola dengan baik, DPRD kemarin sudah menerima yang melakukan demo, terima kasih pada pimpinan DPRD telah meluangkan waktu dengan kesabaran untuk menerima mereka menyampaikan inspirasi," kata Koster saat menghadiri pelantikan pimpinan DPRD Bali di gedung DPRD Bali, Jl Dr Kusuma Atmaja, Denpasar, Bali, Selasa (1/10/2019).


Koster mengingatkan aspirasi yang disampaikan haruslah sesuai dengan ideologi Pancasila. Dia menolak ada ideologi lain yang dibawa menyusup masuk ke Bali.

"Tidak ada boleh masuk ke Bali ini ideologi lain yang masuk ke masyarakat. Bali ini harus menjadi taruhan bagi RI mempertahankan Pancasila sebagai ideologi negara. Tidak boleh ada ideologi lain yang dibawa ke Bali ke tengah masyarakat apalagi di tengah dunia kemahasiswaan kita," tegasnya.

Koster menyebut protes terhadap rancangan undang-undang atau revisi undang-undang haruslah diselesaikan lewat jalur konstitusional. Dia menyebut menyampaikan aspirasi di jalanan malah akan mengganggu aktivitas masyarakat.

"Soal UU KPK yang sudah di sahkan oleh DPR kalau ada masyarakat yang tidak puas, gunakanlah jalur resmi, yaitu melalui MK. Tidak zaman lagi kita melakukan cara-cara di luar konstitusional kita harus menyadarkan masyarakat bahwa apa pun yang tidak puas terhadap UU ada mekanisme untuk menyelesaikan ya, bukan kita menyelesaikan di tengah jalan yang membuat masyarakat terganggu kenyamanannya dan juga pelayanan kebutuhan publik," urainya.

Selanjutnya
Halaman
1 2