detikNews
Selasa 01 Oktober 2019, 12:31 WIB

Minta DPRD Berhemat, Koster Pamer Pangkas Anggaran Rp 6 Miliar

Aditya Mardiastuti - detikNews
Minta DPRD Berhemat, Koster Pamer Pangkas Anggaran Rp 6 Miliar Wayan Koster (Foto: Aditya Mardiastuti/detikcom)
Denpasar - Gubernur Bali Wayan Koster meminta agar para anggota DPRD Bali yang telah dilantik berhemat dan mengutamakan anggaran prioritas. Koster pun memamerkan pihaknya berhasil memangkas anggaran belanja yang tidak produktif hingga miliaran rupiah.

"Saat ini kami tengah mendesain postur APBD itu agar betul-betul efektif efisien. Saya telah bekerja keras dan Pak Sekda untuk mengevaluasi belanja rutinitas saja, kurang produktif di perubahan, sudah dilakukan efisiensi angkanya lumayan, di perubahan ini saja angkanya mencapai Rp 6 miliar tahun ini," kata Koster saat menghadiri pelantikan pimpinan DPRD Bali di gedung DPRD Bali, Jl Dr Kusuma Atmaja, Denpasar, Bali, Selasa (1/10/2019).


Koster menyebut, selain memangkas anggaran belanja tak terpakai, pihaknya masih bisa melakukan efisiensi hingga ratusan miliar pada 2020. Hal ini didapatkan dari perampingan 8 organisasi perangkat daerah (OPD).

"(Tahun) 2020 angkanya sudah di-exercise angkanya sudah bisa dilakukan efisiensi sampai Rp 106 miliar. Banyak ini, tepuk tangan untuk Pak Sekda, begitu saya masuk angkanya saya pelototin, belanja rutin yang tidak efektif lagi efisienkan, kurangi, plus sekarang kita melakukan perampingan birokrasi awal OPD 49 kini menjadi 39, tapi ditambah 2 Dinas Pemajuan Masyarakat Adat dan Badan Riset dan Konservasi Daerah, jadi total 41," terangnya.

"Pengurangan 8 OPD juga berkontribusi terhadap efisiensi anggaran, terdapat pengurangan anggaran Rp 50 miliar lebih. Lumayan ini nanti banyak kita bisa gunakan untuk pembangunan yang betul-betul prioritas, baik itu kaitannya pendidikan, kesehatan, infrastruktur, kebudayaan, kesehatan, dan program yang lain-lain," ujar Ketua DPD PDIP Bali itu.



Massa #SemarangMelawan 'Segel' Gedung DPRD Jateng:

[Gambas:Video 20detik]
(ams/gbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com