detikNews
2019/09/30 14:52:23 WIB

Pidato Perdana Ketua Sementara DPRA Singgung Kemiskinan di Aceh Masih Tinggi

Agus Setyadi - detikNews
Halaman 1 dari 2
Pidato Perdana Ketua Sementara DPRA Singgung Kemiskinan di Aceh Masih Tinggi Foto: Pelantikan DPR Aceh (DPRA)- (Agus-detikcom)
Banda Aceh - Ketua Sementara Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA) Dahlan Jamaluddin menyampaikan sambutan perdananya pasca dilantik oleh Ketua Pengadilan Tinggi Aceh. Dalam pidatonya, Dahlan menyinggung angka kemiskinan Aceh saat ini masih tinggi.

Dahlan menyampaikan sambutannya di depan 80 anggota dewan periode 2019-2024 dan sebagian anggota DPR Aceh periode 2014-2019 serta tamu undangan, Senin (30/9/2019). Usai dilantik di Gedung Paripurna DPR Aceh, dia memimpin jalannya rapat paripurna menggantikan Sulaiman, Ketua DPR Aceh periode sebelumnya.

"Tugas DPR Aceh yang baru dilantik harus segera dipacu terutama dan yang paling utama segera membahas tata tertib dan membentuk alat kelengkapan dewan sesuai dengan peraturan Pemerintah Republik Indonesia nomor 12 tahun 2018 tentang pedoman penyusunan tata tertib dewan perwakilan rakyat daerah provinsi, kabupaten, dan kota. Kita tentunya sudah dihadapkan kepada tugas-tugas berat," kata Dahlan dalam sambutannya.

Menurutnya, anggota DPR Aceh terpilih merupakan hasil Pemilu ketiga pasca konflik. Pemilu ini diikuti partai politik lokal sesuai amanat perjanjian damai di Helsinki, Finlandia pada 15 Agustus 2005 lalu.



Para anggota dewan, jelas, mempunyai tanggung jawab bersama merawat dan melaksanakan penguatan perdamaian seperti tercantum dalam poin-poin komitmen damai. Selain itu, Dahlan mengungkapkan tantangan lainnya yang dihadapkan pada mereka yaitu masih tingginya angka kemiskinan dan pengangguran di Tanah Rencong.

"Berdasarkan data Badan Pusat Statistik bulan Maret 2019 angka kemiskinan mencapai 15,32 persen, pengangguran mencapai angka 5,53 persen," jelas Dahlan.

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com