detikNews
Senin 30 September 2019, 10:38 WIB

3 Mantan Anak Buah Imam Nahrawi di Kemenpora Dipanggil KPK

Ibnu Hariyanto - detikNews
3 Mantan Anak Buah Imam Nahrawi di Kemenpora Dipanggil KPK Dokumentasi Gedung Merah Putih KPK (Foto: Rachman Haryanto/detikcom)
FOKUS BERITA: Menpora Tersangka KPK
Jakarta - Penyidik KPK melanjutkan pemeriksaan saksi-saksi berkaitan dengan kasus suap yang menjerat mantan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi. Para saksi itu merupakan mantan anak buah Imam ketika masih aktif di Kemenpora.

"Para saksi dipanggil untuk tersangka IMR (Imam Nahrawi)," ucap Kabiro Humas KPK Febri Diansyah kepada wartawan, Senin (30/9/2019).


Setidaknya ada 3 saksi yang dipanggil, yaitu:
- Bambang Tri Djoko, mantan Kabiro Keuangan Kemenpora;
- Sibli Nurjama, Staf Biro Keuangan Kemenpora; dan
- Supriono, mantan PNS di Kemenpora.

Imam sebelumnya ditetapkan KPK sebagai tersangka dalam kaitan dengan dana hibah untuk KONI. Selain berkaitan dengan dana hibah KONI itu, KPK mendeteksi adanya penerimaan lain bagi Imam, salah satunya terkait Satuan Pelaksana Program Indonesia Emas (Satlak Prima) yang sudah dibubarkan.


Total uang yang disebut KPK diterima Imam adalah Rp 26,5 miliar dalam kurun 2014-2018. KPK menyebut semua uang itu diterima Imam melalui tangan asisten pribadinya, Miftahul Ulum, yang juga telah ditetapkan sebagai tersangka.

Baik Imam maupun Ulum sudah ditahan KPK. KPK beralasan penahanan terhadap keduanya dilakukan agar penanganan perkara tersebut bisa maksimal dan efektif.


Datangi KPK, Imam Nahrawi: Saya Siap Menghadapi Takdir:

[Gambas:Video 20detik]


(ibh/dhn)
FOKUS BERITA: Menpora Tersangka KPK
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com