Round-Up

Rentetan Teror Penembakan KKB di Papua

Tim detikcom - detikNews
Minggu, 29 Sep 2019 07:08 WIB
Ilustrasi garis polisi (Foto: Ari Saputra/detikcom)
Jakarta - Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) masih menebar teror. Di Kabupaten Puncak Papua, KKB dua kali melakukan penembakan dalam sepekan.

KKB pada sekitar pukul 12.30 WIT, Sabtu (28/9) membuat teror di Distrik Omukia, Kabupaten Puncak. Satu orang warga tewas ditembak tiga kali.



Kabid Humas Polda Papua Kombes AM Kamal menjelaskan penembakan terjadi di sebuah kios dekat Bandara Aminggaru, Ilaga. Dua orang KKB mendatangi kios milik Cahrudin.

"Tiba-tiba datang dua orang KKB masuk ke dalam kios mengeluarkan pistol dan langsung menembakkan senjatanya ke korban sebanyak tiga kali. Korban meninggal di tempat," kata Kamal dalam keterangan tertulisnya.

Kedua pelaku langsung melarikan diri ke arah Sungai Ilame. Penembakan ini dilaporkan ke Polsek Ilaga.

Sekitar pukul 12.45 WIT, personel gabungan TNI-Polri menuju lokasi di Kampung Aminggaru dekat Bandara Ilaga untuk mengevakuasi jasad korban.



Aparat juga mengejar pelaku penembakan terhadap Cahrudin.

"Saat ini personel gabungan TNI-Polri masih melakukan pengejaran terhadap para pelaku yang diduga melarikan diri ke arah Sungai Ilame," sambung Kamal.

Sebelumnya dua tukang ojek ditembak oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Kampung Amunggi, Distrik Ilaga Utara, Kabupaten Puncak pada Kamis (26/9) Kedua tukang ojek yang tewas itu ialah La Ode Alwi (34) dan Sattiar B alias Midun ( 25).





"Kedua orang tukang ojek ditembak KKB saat melintas di Jembatan Gantung Muara Kampung Amungi Distrik Ilaga Utara," ujar Kamal.

Sementara itu, Bupati Puncak Willem Wandik meminta warga semakin waspada. Sebab, dalam sepekan sudah terjadi dua kali penembakan.

"Warga sipil diminta waspada mengingat dalam sepekan sudah dua kali terjadi aksi penembakan yang merenggut tiga nyawa," ujar Wandik dikutip Antara. (fdn/fdn)