detikNews
2019/09/29 01:13:02 WIB

Ribuan Umat Islam Gelar Zikir Akbar Peringati Setahun Gempa Palu

Tim detikcom - detikNews
Halaman 1 dari 2
Ribuan Umat Islam Gelar Zikir Akbar Peringati Setahun Gempa Palu Zikir akbar diikuti ribuan umat Islam di Kota Palu (ANTARA/Muhammad Hajiji)
Palu - Ribuan umat Islam di Palu, Sulawesi Tengah menggelar zikir akbar dan doa bersama di Ruang Terbuka Hijau (RTH) Lapangan Vatulemo. Zikir dan doa bersama itu dalam rangka memeringati setahun pascabencana gempa dan tsunami.

Dzikir bersama dan pemanjatan doa di pimpin oleh Pimpinan Majelis Dzikir Nurul Khairaat Habib Shaleh. Dalam sambutannya, Ketua MUI Kota Palu, KH Zainal Abidin menjelaskan, zikir berarti mengingat Allah SWT.

"Zikir adalah mengingat. Artinya adalah mengingat Allah SWT yang terucap lewat lidah atau dalam hati," kata Abidin seperti dikutip dari Antara, Sabtu (28/9/2019).



Dalam kaitannya dengan bencana alam, Abidin mengungkapkan ada empat arti dari satu peristiwa bencana yang terjadi. Pertama bencana alam bencana alam yang terjadi merupakan suatu peristiwa yang bukan karena ulah manusia.

"Karena itu, bencana yang terjadi bukan karena ulah seseorang. Melainkan karena ketetapan," ujar ketua ketua FKUB Sulawesi Tengah itu.

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com