Round-Up

Mempertanyakan Penangkapan Dandhy-Ananda Saat Gelap Gulita

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 27 Sep 2019 22:15 WIB
Ananda Badudu setelah diperiksa polisi (Samsudhuha/detikcom)


Sama seperti Dandhy, Ananda dijemput polisi di tengah gelap gulita. Dia diamankan sekitar pukul 04.28 WIB.

Penangkapan Dandhy dan Ananda di tengah gelap gulita dipertanyakan. Komisi untuk Orang Hilang dan Korban Tindak Kekerasan (Kontras) berbicara tentang kejanggalan terkait waktu penangkapan.

"Kalau dari sisi jam, ya janggal. Nggak baiklah. Tengah malam gitu kan kita kaya... kita kan berpikir buruk. Okelah kalau kita tahu itu polisi yang ngambil. Kalau sekiranya bukan, kan bisa berindikasi jadi korban orang hilang nanti," ujar Deputi Koordinator Kontras Feri Kusuma di Mapolda Metro Jaya, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Selatan, Jumat (27/9).


Sekali lagi Feri mempertanyakan kenapa proses penangkapan dilakukan pada malam hari. Dia menilai ada waktu yang lebih baik dalam memproses hukum seseorang.

"Ya ini semestinya jangan sampai begini kalilah ya. Kan masih ada jam lain yang bisa ditangkap atau diproses, atau dipanggil dulu sebagai saksi bukan langsung penangkapan begitu. Apalagi penangkapan Dandhy tengah malam. Pemeriksaan tengah malam. Secara kesehatan nggak baik itu. Konsentrasi juga nggak maksimal," kata dia.
Halaman

(gbr/knv)