detikNews
2019/09/27 21:04:30 WIB

Polisi Tangkap Pelaku Perdagangan Kulit Harimau Sumatera di Aceh Utara

Datuk Haris Molana - detikNews
Halaman 1 dari 2
Polisi Tangkap Pelaku Perdagangan Kulit Harimau Sumatera di Aceh Utara Pelaku perdagangan kulit Harimau Sumatera. (Foto: Datuk Haris Molana/detikcom)
Aceh Utara - Polisi berhasil mengungkap perdagangan kulit Harimau Sumatera di Aceh Utara. Lima orang pelaku diamankan.

"Kita berhasil menangkap lima pelaku perdagangan satwa dilindungi yaitu Harimau Sumatera. Mereka kita tangkap di sebuah wisma di Kecamatan Lhoksukon," kata Kasat Reskrim Polres Aceh Utara, AKP Adhitya Pratama kepada wartawan, Jumat (27/9/2019).

Adhitya menjelaskan pengungkapan ini berawal dari laporan masyarakat bahwa ada transaksi perdagangan satwa dilindungi di kawasan Lhoksukon. Petugas melakukan penyelidikan dan pengintaian hingga mendeteksi beberapa pria dengan membawa sebuah tas yang dicurigai sebagai pelaku.



"Petugas pun menangkap mereka yakni AM, MU dan HU. Sementara UD berhasil kabur. Saat petugas membuka tas yang mereka bawa di temukan 1 kulit harimau, 4 gigi taring, 1 tengkorak, 1 karung tulang harimau dan lima kumis," sebut Adhitya.

Usai menangkap ketiganya, petugas melakukan pengembangan dan berhasil menangkap dua pelaku lainnya yakni AB dan IS di Lhoksukon.

"Setelah kita kembangkan berhasil menangkap dua pelaku lainnya. Peran mereka berbeda-beda. Pelaku AM merupakan pemilik barang tersebut sementara lainnya berperan sebagai perantara. AM mengaku barang tersebut hendak dijual ke Medan Sumatera Utara seharga Rp 70 juta," sebut Adhitya.



Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com