detikNews
Jumat 27 September 2019, 14:39 WIB

Pengacara Pastikan Dandhy Laksono Tak Akan Bungkam Suarakan Papua

Isal Mawardi - detikNews
Pengacara Pastikan Dandhy Laksono Tak Akan Bungkam Suarakan Papua Dandhy Laksono (Hanif/detikHOT)
Jakarta - Dandhy Laksono ditetapkan sebagai tersangka ITE karena posting-annya soal Papua. Alghiffari Aqsa selaku kuasa hukum menyebut kliennya tidak akan bungkam meski dijerat dengan UU ITE yang disebutnya sebagai undang-undang karet.

"Dia juga tahu UU ITE gunanya untuk membungkam warga negara, sehingga dia nggak akan bungkam juga," kata Alghiffari kepada wartawan saat dihubungi, Jumat (27/9/2019).

Dandhy ditetapkan sebagai tersangka atas tuduhan memprovokasi dan menyebarkan ujaran kebencian di media sosial. Menurut Alghiffari, Dandhy sangat tahu konsekuensi atas apa yang ditulisnya.

"Dan memang dia bukan warga negara biasa, artinya sudah puluhan tahun jadi jurnalis dan tahu konsekuensi yang dia tulis, risikonya apa," tuturnya.

Alghiffari menyebut Dandhy akan terus menyuarakan masalah Papua meski telah ditetapkan sebagai tersangka. Dandhy juga disebutnya akan terus menyuarakan masalah Papua.

"Tidak ada yang berbeda dari yang bersangkutan, dari intonasi, dari semangat bicaranya, dari ketajaman bicaranya nggak ada perbedaan."

Sementara itu, Alghiffari menyebut kondisi kesehatan kliennya. Dandhy disebutnya dalam kondisi sehat, hanya perlu istirahat setelah pemeriksaan hingga dini hari tadi.

"Kondisi sih sehat saja beliau, cuma kurang tidur saja," ucapnya.

Lebih lanjut, Alghiffari menyebut pihaknya akan menggelar konferensi pers bersama Aliansi Jurnalis Independen (AJI).

"Nanti ada (konferensi pers) jam 04.00 sore di AJI," tuturnya.

Dandhy ditangkap di rumahnya di kawasan Pondok Gede, Bekasi, pada Kamis (26/9) malam. Dandhy ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus UU ITE karena posting-an soal Papua.


Penangkapan Ananda-Dandhy, ICJR: Jangan Kriminalisasi Aktivis

[Gambas:Video 20detik]


(mei/fjp)


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com