detikNews
2019/09/24 09:17:37 WIB

RUU Pesantren Mau Disahkan Hari Ini, PP Muhammadiyah: Terserah DPR

Haris Fadhil - detikNews
Halaman 1 dari 2
RUU Pesantren Mau Disahkan Hari Ini, PP Muhammadiyah: Terserah DPR Sekretaris Umum PP Muhammadiyah Abdul Mu'ti (Foto: Ari Saputra-detikcom)
Jakarta - DPR RI bakal menggelar rapat paripurna yang salah satu agendanya adalah pembicaraan tingkat II atau pengambilan keputusan terhadap RUU tentang Pesantren. PP Muhammadiyah yang sempat meminta pengesahan RUU Pesantren ditunda menyerahkan nasib RUU itu ke DPR.

"Disahkan atau tidak terserah kepada DPR," kata Sekretaris Umum PP Muhammadiyah Abdul Mu'ti, Senin (23/9/2019) malam.



Dia mengatakan PP Muhammadiyah telah mengirimkan masukan terkait RUU Pesantren itu. Masukan tersebut dikirim ke Ketua DPR, Ketua Komisi VIII DPR dan para pimpinan fraksi.

"Sudah disampaikan kepada ketua Komisi 8, Ketua DPR dan semua fraksi," ucapnya.

Salah satu usulan Muhammadiyah itu terdapat dalam pasal 1 draf RUU Pesantren. Bunyinya:

Pasal 1
Teks asli:
2. Pendidikan Pesantren adalah pendidikan yang diselenggarakan oleh dan berada di lingkungan Pesantren dengan mengembangkan kurikulum sesuai dengan kekhasan Pesantren dengan berbasis kitab kuning atau dirasah Islamiyah dengan pola pendidikan muallimin

Usul perubahan:
2. Pendidikan Pesantren adalah pendidikan yang diselenggarakan oleh dan berada di lingkungan Pesantren dengan mengembangkan kurikulum sesuai dengan kekhasan Pesantren dengan berbasis kitab kuning, dirasah Islamiyah dengan pola pendidikan muallimin, atau dirasah Islamiyah yang terintegrasi dengan sekolah/madrasah.
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com