detikNews
2019/09/23 20:09:15 WIB

Sidang Suap PLTU Riau-1

Sofyan Basir Menangis Minta Dibebaskan

Faiq Hidayat - detikNews
Halaman 1 dari 2
Sofyan Basir Menangis Minta Dibebaskan Mantan Direktur Utama PT PLN Sofyan Basir (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta - Sofyan Basir menitikkan air mata dalam persidangan. Mantan Direktur Utama PT PLN itu merasa tidak melakukan apa yang didakwakan jaksa KPK kepadanya.

"Harapan kami bebas, tidak ada sanksi apa pun bagi kami dan kami akan buktikan besok. Apa yang kami ucapkan ini adalah untuk kepentingan masyarakat," ujar Sofyan, yang terisak dalam pemeriksaan sebagai terdakwa pada sidang yang berlangsung di Pengadilan Tipikor Jakarta, Jalan Bungur Besar Raya, Jakarta Pusat, Senin (23/9/2019).

Sofyan mengaku kaget saat pertama kali ditetapkan KPK sebagai tersangka terkait kasus suap proyek PLTU Riau-1. Dia turut menepis telah melakukan pemufakatan jahat demi memuluskan orang-orang tertentu mendapatkan proyek di PLN.



"Kami 20 tahun mengabdi, sebagai Dirut dihinakan hanya rangkaian ucapan, kata-kata, dengan sangkaan-sangkaan saja. Ini betul-betul berhala. Semoga Allah memaafkan oknum tersebut," ucap Sofyan sembari masih menangis.

"Tidak ada niat kami apa pun, apalagi berdiskusi ada orang mau mendapat uang. Tidak ada. Lari kami sekuat tenaga untuk mendapat proyek ini dari direksi, adik-adik saya, seperti sampah dihinakan, hanya mengejar berapa miliar," imbuh Sofyan.



Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com