detikNews
2019/09/23 17:12:42 WIB

Media AS Bocorkan Laporan Jatuhnya Lion Air 737 Max, Ini Kata KNKT

Indra Komara - detikNews
Halaman 1 dari 2
Media AS Bocorkan Laporan Jatuhnya Lion Air 737 Max, Ini Kata KNKT Foto: Ketua KNKT Soerjanto Tjahjono. (Lisye-detikcom)
Jakarta - Media asal Amerika Serikat (AS), Wall Street Journal (WSJ) mempublikasikan temuan-temuan inti laporan hasil penyelidikan Indonesia mengenai kecelakaan Lion Air tipe Boeng 737 Max dengan nomor penerbangan JT610. Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) justru mempertanyakan data WSJ.

"Di situ kan dijelaskan, saya Soejanto Tjahjono tidak memberi komen apapun terhadap masalah yang Wall Street Journal itu. Saya juga nggak tahu, di situ kan ditulis itu saya nggak memberi komentar apapun terhadap urusan itu. Jadi saya juga nggak tahu kenapa dia menulis seperti itu. Sumber datanya seperti apa, saya nggak tau juga," ujar Ketua KNKT Soerjanto Tjahjono, saat dihubungi, Senin (23/9/2019).



Berdasarkan laporan yang dipublikasi itu, kesimpulan laporan penyelidikan KNKT menurut WSJ adalah ada kesalahan konstruksi pesawat dan beberapa kesalahan pilot menangani insiden itu.

Menanggapi hal itu, Soerjanto menyebut tidak tahu menahu soal data yang dirilis WSJ. Dia mengatakan apa yang telah dipublikasi menjadi tanggung jawab media AS tersebut.

"Intinya saya tidak tahu menahu apa yang dikeluarkan Wall Street Journal, saya tidak ingin juga nanggepin itu, itu tanggung jawabnya Wall Street Journal sendiri," tuturnya.



Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com