Menhan soal Pelaku Pembacokan Anggota TNI di Papua: Nyaru Pakai Baju SMA

Mochamad Zhacky - detikNews
Senin, 23 Sep 2019 16:43 WIB
Foto: Menhan Ryamizard Ryacudu (Lisye Sri Rahayu/detikcom)

Diberitakan sebelumnya, personel Yonif 751/Raider, Praka Zulkifli, gugur dalam kerusuhan di Waena Expo Jayapura, Papua. Praka Zulkifli gugur terkena bacokan massa Aliansi Mahasiswa Papua (AMP) yang diangkut dari aula Universitas Cenderawasih (Uncen).

"Demo massa yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Papua (AMP) kembali melakukan penyerangan terhadap aparat. Akibatnya, seorang prajurit Yonif 751/Raider, Praka Zulkifli, yang sedang melaksanakan tugas BKO Polda Papua sebagai pengemudi kendaraan dinas truk pengangkut pasukan menjadi korban pembacokan yang diduga dilakukan oleh massa AMP," ujar Kapendam Cenderawasih Letkol Cpl Eko Daryanto dalam keterangan tertulis, Senin (23/9).


Polisi pun mengungkap ada massa dari Komite Nasional Papua Barat (KNPB) yang menyusup di demonstrasi pelajar SMA PGRI di Wamena. Para penyusup menggunakan seragam SMA.

"Itu (aksi pelajar) dari PGRI yang disusupi KNPB dan mahasiswa. Mereka pakai baju seragam SMA. Jadi bukan pelajar semuanya, tapi aksi itu sudah disusupi," ujar Kapolres Jayawijaya AKBP Tonny Ananda Swadaya saat dihubungi wartawan, Senin (23/9).
Halaman

(zak/elz)