detikNews
Senin 23 September 2019, 16:21 WIB

Wamena Rusuh, Polisi: KNPB Berbaju Seragam SMA Susupi Aksi Pelajar

Audrey Santoso - detikNews
Wamena Rusuh, Polisi: KNPB Berbaju Seragam SMA Susupi Aksi Pelajar ILUSTRASI/Foto: dikhy sasra
FOKUS BERITA: Rusuh di Tanah Papua
Jakarta - Polisi menyebut ada massa dari Komite Nasional Papua Barat (KNPB) yang menyusup di demonstrasi pelajar SMA PGRI di Wamena, Jayawijaya, Papua. Para penyusup menggunakan seragam SMA.

"Itu (aksi pelajar) dari PGRI yang disusupi KNPB dan mahasiswa. Mereka pakai baju seragam SMA. Jadi bukan pelajar semuanya, tapi aksi itu sudah disusupi," ujar Kapolres Jayawijaya AKBP Tonny Ananda Swadaya saat dihubungi wartawan, Senin (23/9/2019).

Aparat gabungan saat ini sudah berhasil mengendalikan situasi Wamena. Polisi kini mengevakuasi warga ke pengungsian.




"Saya sedang mengawal pengungsian. Situasi sudah terkendali, kondusif tapi kita masih jaga-jaga," ujar Tonny.

Sebelumnya Kabid Humas Polda Papua Kombes Ahmad Mustofa Kamal memaparkan, pada sekitar pukul 07.25 WIT, terjadi penyerangan ke Sekolah Yapis Wamena. Penyerangan diduga dilakukan massa bersama pelajar dari SMA PGRI.

"Telah terjadi penyerangan ke Sekolah Yapis Wamena oleh anak SMA PGRI yang tergabung dengan masyarakat kurang-lebih sekitar 200 orang," kata Kamal dalam keterangan tertulis.




Penyerangan, menurut Kamal, terjadi saat pelajar SMA PGRI berdemonstrasi di halaman sekolah dengan mengajak sekolah Yayasan Yapis. "Namun Sekolah Yapis tidak mau ikut demonstrasi, sehingga anak sekolah Yayasan Yapis melakukan perlawanan," imbuh dia.

Dari sini massa membakar sejumlah fasilitas pemerintah, umum, dan milik warga. Polisi dan TNI masih berupaya mengendalikan situasi.


Simak juga video "Polri: Kondisi di Wamena Berhasil Dikendalikan":

[Gambas:Video 20detik]


(fdn/fdn)


FOKUS BERITA: Rusuh di Tanah Papua
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com