detikNews
2019/09/23 16:00:26 WIB

Polisi Sebut Bom TATP Milik Terduga Teroris di Jakut Berdaya Ledak Tinggi

Farih Maulana - detikNews
Halaman 1 dari 2
Polisi Sebut Bom TATP Milik Terduga Teroris di Jakut Berdaya Ledak Tinggi Foto: Tim Densus 88 Polri Geledah Rumah TErduga Teroris di Jakut (Pradita Utama)
Jakarta - Tim Densus 88 Polri menyita bahan peledak jenis TATP dari rumah terduga teroris MA, di Cilincing, Jakarta Utara. Polisi menyebut, TATP memiliki daya ledak yang tinggi.

"Jadi ini jenis bom TATP dan biasanya TATP itu yang kecil saja itu sudah high eksplosif," kata Kapolres Jakarta Utara Kombes Budhi Herdi Susianto kepada wartawan di Cilincing, Jakarta Utara, Senin (23/9/2019).

Budhi menyebut bahan peledak yang ditemukan di lokasi cukup banyak dan besar. Bahan peledak tersebut telah didisposal oleh tim Jibom.

"Sehingga kita bisa rasakan daya ledak yang dihasilkan oleh bom tadi cukup besar," imbuhnya.

Menurut Budhi, bom tersebut bisa meluluh lantakkan benda atau orang yang berada di radius 50 meter jika bom itu meledak.

"Jadi kalau bom ini meledak dan ada di sekitar kita, baik benda-benda maupun jiwa tentu harus kita amankan kurang lebih 50 meter dari lokasi atau pun dari titik ledak. Tapi bila ada dalam kondisi kosong, tapi kondisi ada media barang lain itu bisa lebih jauh lagi. Kenapa? Karena itu bisa menghantarkan atau berbenturan dengan media yang mereka temukan atau hantam," jelas Budhi.





Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com