detikNews
2019/09/23 15:47:07 WIB

Curhat Pilu Warga yang Tinggal Dekat Gunung Sampah di Cilebut Bogor

Sachril Agustin Berutu - detikNews
Halaman 1 dari 2
Curhat Pilu Warga yang Tinggal Dekat Gunung Sampah di Cilebut Bogor Yance Waita mengeluhkan gunung sampah di Cilebut Bogor. (Sachril Agustin Berutu/detikcom)
Bogor - Tinggi tumpukan sampah di RT 1 RW 2, Desa Cilebut Timur, Sukaraja, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, mencapai 16 meter. Seorang warga Papua yang tinggal di dekat tumpukan sampah tersebut, Yance Waita (62), mengaku sangat terganggu oleh keberadaan sampah itu.

"Rumah saya di atas, dekat sama sampah ini. Asap, lalat, dan baunya itu mengganggu sekali," kata Yance di sekitar lokasi, Senin (23/9/2019).

Gunung sampah di Cilebut Bogor cemari Sungai CiliwungGunung sampah di Cilebut, Bogor, yang mencemari Sungai Ciliwung. (Sachril Agustin Berutu/detikcom)


Yance menjelaskan, bau dari tumpukan sampah itu tercium sampai ke dalam rumahnya. Tak hanya itu, tumpukan sampah menggunung ini sering dibakar warga sekitar.

Asap pembakarannya, kata Yance, sampai masuk ke rumahnya. "Ya ini asapnya saja masuk ke rumah. Ini sampai sekarang, orang-orang masih membuang sampah ke sini," lanjut dia.

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com