detikNews
2019/09/23 15:45:24 WIB

Buwas Bongkar Oknum BPNT Sunat Anggaran, Komisi VIII Bakal Panggil Mensos

Mochamad Zhacky - detikNews
Halaman 2 dari 2
Buwas Bongkar Oknum BPNT Sunat Anggaran, Komisi VIII Bakal Panggil Mensos Foto: Sodik Mudjahid (dok. pribadi)


Komisi VIII, kata Sodik, menunggu upaya Buwas melaporkan dugaan oknum BPNT menyelewengkan anggaran pemerintah ke polisi. Menurutnya, langkah hukum tersebut penting karena bantuan untuk rakyat miskin merupakan program prioritas pemerintah dan DPR.

"Kita menunggu langkah-langkah hukum tersebut, karena jika benar, hal tersebut sangat mengganggu program bantuan untuk rakyat miskin yang selama ini jadi prioritas DPR dan pemerintah," ucapnya.


Diberitakan sebelumnya, Buwas mengungkapkan bahwa anggaran pemerintah untuk program BPNT mencapai Rp 17-20 triliun. Dia menyebut, dari anggaran tersebut, para oknum beras menyelewengkan anggaran pemerintah hingga Rp 5 triliun setiap tahunnya.

"Ini adalah fitnah yang dilakukan kepada negara melalui Bulog seolah-olah pemerintah ini tidak berpihak kepada masyarakat miskin. Padahal Pak Presiden sangat serius, sampai pemerintah menggulirkan Rp 17-20 triliun untuk BPNT. Jadi kurang lebih yang disimpangkan itu setiap tahun Rp 5 triliun lebih. Jadi hampir 1/3 itu disimpangkan," kata Buwas di Gedung Bulog, Jakarta, Senin (23/9).
(zak/gbr)


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com