Expo Waena Jayapura Kondusif, Para Perusuh Diangkut ke Mako Brimob

Expo Waena Jayapura Kondusif, Para Perusuh Diangkut ke Mako Brimob

Ferdinan - detikNews
Senin, 23 Sep 2019 14:37 WIB
Ilustrasi (Grandyos Zafna/detikcom)
Ilustrasi (Grandyos Zafna/detikcom)
Jakarta - Kondisi Expo Waena, Jayapura, Papua, kondusif pasca rusuh massa Aliansi Mahasiswa Papua (AMP). Para perusuh diangkut ke Mako Brimob.

"Dibawa ke Brimob untuk didata. Ada seratusan," kata Kasubag Humas Polres Jayapura Kota Iptu Jahja Rumra saat dihubungi wartawan, Senin (23/9/2019).

Kerusuhan terjadi sekitar pukul 11.00-12.00 WIT. Kerusuhan dilakukan oleh massa yang sebelumnya dibawa dari Universitas Cenderawasih (Uncen). Massa diangkut ke Expo Waena setelah menduduki aula Uncen dengan tuntutan pendirian posko mahasiswa.


"Saat mau dikembalikan ke penginapan mereka ribut di Expo Waena. Dihalau aparat dengan gas air mata," katanya.

Dari laporan sementara, kerusuhan di Expo Waena, Jayapura, mengakibatkan seorang prajurit Yonif 751/Raider, Praka Zulkifli, gugur terkena bacokan. Sedangkan dua anggota Brimob disebut terluka akibat lemparan batu.

"Saat ini Reskrim melakukan olah TKP (tempat kejadian perkara)," sebut Jahja.

Secara terpisah Kapendam Cenderawasih Letkol Cpl Eko Daryanto mengatakan penyerangan massa dilakukan saat tiba di Expo Waena. Praka Zulkifli yang membantu pengamanan pengawalan pemulangan mahasiswa dari Uncen ke Expo Waena dibacok saat beristirahat.


"Almarhum Praka Zulkifli yang sedang beristirahat sejenak usai mengantar pasukan pengamanan tiba-tiba diserang oleh massa dengan menggunakan senjata tajam. Almarhum mengalami luka bacokan di kepala bagian belakang. Korban sempat dievakuasi menuju RS. Bhayangkara untuk mendapat perawatan medis," kata Eko.

Selain di Jayapura, kerusuhan terjadi di Wamena, Kabupaten Jayawijaya. Sejumlah bangunan termasuk kantor bupati dan ruko dibakar massa. Diduga kerusuhan di Wamena karena beredarnya hoax soal rasis.




Polri: Kondisi di Wamena Berhasil Dikendalikan:

[Gambas:Video 20detik] (fdn/tor)