detikNews
2019/09/23 13:02:35 WIB

KLHK-KKP Gandeng KPK Tertibkan Palanggar Izin Reklamasi di Lampung-Belitung

Zunita Putri - detikNews
Halaman 2 dari 2
KLHK-KKP Gandeng KPK Tertibkan Palanggar Izin Reklamasi di Lampung-Belitung Foto: Kasatgas Korsupgah KPK, Dian Patria (batik biru) bertemu perwakilan Kementerian Lingkuhan Hidup dan Kehutanan, Kementerian ATR/BPN, dan Kementerian Kelautan dan Perikanan. (Zunita-detikcom)

Catatan KPK, pada (6/8), KPK bersama tiga kementerian ini telah melakukan penertiban dengan menghentikan kegiatan reklamasi di Pantai Marita Sari dan kawasan wisata Pulau Tegal Mas.

Penertiban dilakukan dengan pemasangan plang yang bertujuan untuk memberikan peringatan agar menghentikan semua pelanggaran. KPK juga memerintahkan kepada pengelola tempat wisata Tegal Mas untuk mengurus izin kepada pemerintah kabupaten dan provinsi untuk menunaikan kewajiban membayar pajak.


Menurut catatan KPK, bentuk pelanggaran di Pantai Marita itu seperti tidak memiliki izin lokasi dan pelaksanaan reklamasi, tidak memiliki izin lokasi sumber material reklamasi, perusakan ekosistem terumbu karang dan vegetasi mangrove, lalu menguasai dan memanfaatkan sempadan pantai.

KPK juga menyebut pembangunan dan pengelolaan tanpa izin terkait dengan Pantai Marita dan Pulau Tegal Mas diduga telah merugikan keuangan daerah. Pelanggaran izin di kawasan pesisir ini diduga terjadi di banyak daerah lain.
(zap/idh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com