detikNews
2019/09/23 13:18:04 WIB

Mendagri Sentil Gubernur Riau yang ke LN Saat Karhutla

Eva Safitri - detikNews
Halaman 1 dari 2
Mendagri Sentil Gubernur Riau yang ke LN Saat Karhutla Foto: Gubernur Riau Syamsuar (Chaidir-detikcom)
Jakarta - Mendagri Tjahjo Kumolo menyentil Gubernur Riau Syamsuar yang sempat pergi ke luar negeri saat wilayahnya dikepung kabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan (karhutla). Ia menilai Syamsuar tidak sensitif.

"Kalau kemarin ada di Riau itu sangat disayangkan. Harusnya dia punya empati sensitivitas lah, masyarakat lagi menderita, ya ditunda kalau hanya sekedar liat pameran," ujar di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta, Senin (23/9/2019).

Syamsuar sempat dikritik keras karena ke luar negeri di saat warganya terkena kabut asap. Ia pergi ke Thailand pada pertengahan September lalu untuk menghadiri Pertemuan Tingkat Menteri (PTM) Indonesia Malaysia-Growth Triangle (IMT-GT) di Krabi.

Menurut Tjahjo, Syamsuar memang sempat mengajukan izin ke luar negeri jauh-jauh hari sebelum karhutla terjadi sehingga Kemendagri memberikan izinnya. Kini Kemendagri meminta agar izin diajukan 2 minggu sebelum kepala daerah berangkat ke luar negeri.

"Riau, jauh jauh hari ada izin tapi jauh hari sebelum ada karhutla. Kami minta 2 minggu harus izin sebelum berangkat," kata Tjahjo.

Saat ini, pemerintah memiliki kebijakan melarang kepala daerah yang wilayahnya terkena dampak karhutla apabila ke luar negeri. Bahkan kebijakan ini juga dilakukan oleh Presiden Joko Widodo.

"Kami hanya bisa imbau dan mohon maaf kalau ngajukan izin ke Kemendagri kami tolak di daerah masih ada karhutla, kecuali sakit," sebutnya.
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com