detikNews
2019/09/23 11:35:31 WIB

Konsolidasi Jelang Pilkada Serentak 2020, KPU Waspadai Cyber Attack

Eva Safitri - detikNews
Halaman 1 dari 2
Konsolidasi Jelang Pilkada Serentak 2020, KPU Waspadai Cyber Attack Konsolidasi nasional KPU (Eva Safitri/detikcom)
Jakarta - Komisi Pemilihan Umum (KPU) pusat menggelar konsolidasi nasional bersama jajaran pengurus KPU daerah se-Indonesia. Konsolidasi ini sekaligus mempersiapkan pelaksanaan Pilkada Serentak 2020.

Acara konsolidasi nasional diselenggarakan di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta Selatan, Senin (23/9/2019). Hadir dalam acara Mendagri Tjahjo Kumolo, Ketua Bawaslu Abhan, dan Deputi Pencegahan KPK Pahala Nainggolan. Acara juga dihadiri seluruh jajaran KPU provinsi hingga kabupaten dan kota.

Ketua KPU RI Arief Budiman mengatakan pilkada serentak yang jatuh pada 23 September 2020 akan dilaksanakan di 9 provinsi, 224 kabupaten, dan 37 kota. Karena itu, diperlukan konsolidasi dengan seluruh stakeholder terkait agar pilkada berjalan lancar.


"Ini bukan hal yang mudah karena 270 titik atau hampir separuh wilayah Indonesia akan melaksanakan pilkada. Jadi kerja sama penyelenggara pemilu dan stakeholder yang memberikan dukungan dapat diteruskan agar Pilkada 2020 bisa lebih sukses," kata Arief dalam sambutan.

Arief menilai pelaksanaan Pemilu 2019 sudah mengalami banyak perbaikan dibandingkan dengan pemilu sebelumnya. Untuk itu, ia meminta agar KPU daerah dapat mempertahankan catatan baik tersebut dan menerapkan di pilkada mendatang.

"Pemilu 2019 demokrasi kita sudah semakin terkonsolidasi, penyelenggarannya jauh lebih baik, sehingga sengketa kurang dan peserta pemilu terhadap penyelenggaraan pemilu makin baik sehingga kalau sudah diselesaikan di proses sebelumnya, dia tidak ajukan sengketa," ucapnya.
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com