detikNews
2019/09/23 06:30:59 WIB

Istana Jawab Komisioner Tinggi HAM Soal Kabut Asap Berpotensi Tewaskan Anak

Noval Dhwinuari Antony - detikNews
Halaman 1 dari 2
Istana Jawab Komisioner Tinggi HAM Soal Kabut Asap Berpotensi Tewaskan Anak Foto: Tenaga Ahli Utama Kedeputian IV Kantor Staf Presiden (KSP) Ali Mochtar Ngabalin. (Noval-detikcom)
Jakarta - Komisioner Tinggi Hak Asasi Manusia (HAM) PBB Michelle Bachelet menyoroti polusi udara akibat asap kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang dampaknya bisa menewaskan anak-anak. Pihak Istana kepresidenan menegaskan kabut asap tidak boleh dibiarkan dan meminta pemerintah daerah untuk bersama-sama pemerintah pusat mengambil langkah cepat.

"Dia mau mengancam atau tidak mengancam kewajiban kita sebagai pemerintah, kewajiban kita sebagai pemangku kuasa kepentingan di provinsi, di daerah, di pusat itu penting. Itu harus segera mengantisipasi dan segera mengambil langkah-langkah cepat," ujar Tenaga Ahli Utama Kedeputian IV Kantor Staf Presiden (KSP) Ali Mochtar Ngabalin saat dikonfirmasi, Minggu (22/9/2019).

Ngabalin mengungkapkan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah mengambil langkah cepat untuk menangani kabut asap akibat karhutla.

"Bukti nyata yang dilakukan oleh Bapak Presiden, menginap, bermalam dan kemudian mengkoordinasikan itu, itu adalah bukti nyata apa dan bagaimana untuk harus segera ditindaklanjuti," katanya.


Untuk itu Ngabalin mengingatkan kepada pemda yang wilayahnya terdampak kabut asap untuk segera mengambil langkah strategis.

"Yang paling terpenting itu adalah memang diharapkan agar kepedulian pemerintah provisni, pemerintah daerah itu harus bisa lebih cekatan, lebih serius," tuturnya.
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com