detikNews
2019/09/23 06:13:59 WIB

Round Up

Jalur Sepeda Masih Terganggu, Anies Sebut Perlu Waktu

Tim detikcom - detikNews
Halaman 1 dari 3
Jalur Sepeda Masih Terganggu, Anies Sebut Perlu Waktu Foto: Anies jajal jalur sepeda ibu kota. (Arief Ikhsanudin/detikcom).
Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memberikan ruang bagi pesepeda di Jakarta. Jalur sepanjang 63 kilometer akan dibuat oleh Anies untuk mengakomodasi para pesepeda tersebut.

Jalur khusus pesepeda dibuat Anies agar warga semakin banyak beralih dari transportasi yang menimbulkan polusi. Anies juga mendorong semua kantor baik pemerintah dan swasta menyediakan ruang membersihkan diri seperti kamar mandi bagi pesepeda.

Ada tiga fase pembuatan dan uji coba jalur sepeda di Jakarta. Dia mengatakan jalur yang diutamakan adalah jalur yang terkena ganjil genap.

"Kita memulai dengan menyiapkan jalur sepeda pada tiga fase ini sepanjang 63 km. Fase pertama sebanyak 25 km diutamakan di jalur-jalur yang kena kebijakan ganjil genap," ujar Anies kepada wartawan di Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta, Jumat (10/9/2019).


Fase pertama adalah Rawamangun-Jalan Medan Merdeka Selatan. Anies sempat melakukan uji coba, hasilnya masih banyak ditemukan motor yang masuk ke jalur sepeda.

Saat memantau jalur sepeda di Jalan Pramuka, jalan padat oleh kendaraan, khususnya sepeda motor. Ditambah, beberapa titik jalan dijadikan parkir motor.

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com