detikNews
2019/09/23 05:41:59 WIB

Pagi Ini Tim SAR Gabungan Evakuasi Korban Pesawat Twin Otter Jatuh di Papua

Saiman - detikNews
Halaman 1 dari 1
Pagi Ini Tim SAR Gabungan Evakuasi Korban Pesawat Twin Otter Jatuh di Papua Foto: Tim SAR gabungan melakukan breafing evakuasi korban pesawat Twin Otter HDC6 PK CDC seri 400 di pegunungan Mamontaga Kabupaten Mimika (Saiman-detikcom).
Timika - 4 Personel anggota Basarnas diterjunkan ke lokasi jatuhnya pesawat Twin Otter HDC6 PK CDC seri 400 di pegunungan Mamontaga Kabupaten Mimika. Tim SAR gabungan akan melakukan evakuasi korban pagi ini.

Pantauan detikcom, 4 Personel anggota Basarnas Mimika itu turun ke lokasi pada Senin (23/9/2019) sekitar pukul 06.30 WIT. Dari Mimika, tim diterbangkan ke kabupaten Ilaga.

Dari Ilaga tim akan melanjutkan penerbangan dengan menggunakan helikopter menuju posko di Mamontaga. Dari Mamontaga tim akan bergerak menuju kelokasi kejadian dengan menggunakan helikopter untuk selanjutnya melakukan evakuasi.

Pagi Ini Tim SAR Gabungan Evakuasi Korban Pesawat Twin Otter Jatuh di PapuaFoto: Tim SAR gabungan melakukan breafing evakuasi korban pesawat Twin Otter HDC6 PK CDC seri 400 di pegunungan Mamontaga Kabupaten Mimika (Saiman-detikcom).

Kepala Operasi dan Siaga SAR Mimika, Syahril mengatakan tim akan fokus pada evakuasi korban dan pencarian kotak hitam dan FDR milik pesawat.

"Kita akan fokus pada, korban, kotak hitam dan FDR, kalau memungkin barang-barang lain yang di angap penting, " kata Syahril di lokasi.

Dia mengungkapkan, dari Ilaga tim akan melanjutkan penerbangan dengan menggunakan helikopter menuju posko di Mamontaga. Dari Mamontaga tim akan bergerak menuju kelokasi kejadian dengan menggunakan helikopter untuk selanjutnya melakukan evakuasi.

Sebelum dilakukan pemberangkatan, tim evakuasi melakukan breafing yang dipimpin Kepala SAR Mimika Monce Brury dan Danlanud Yohanis Kapiyau Mimika Letkol Pnb Sugeng Sugiharto.

Dari pantauan dilapangan bahwa cuaca pagi ini di kawasan Mimika dan sekitarnya cuaca sangat cerah.


Sebelumnya tim SAR menemukan puing-puing pesawat Twin Otter DHC6- 400 dengan nomor registrasi PK-CDC yang hilang kontak di Papua pada Rabu (18/9) bisa ditemukan.

"Setelah dilakukan pemantauan sebanyak enam kali dilakukan sehingga kami bisa menyatakan bahwa titik tersebut telah dipastikan di titik 4 derajat 7'27.11"S/137 derajat"24'46'00 derajat E. Di ketinggian 13.453 Feet atau 3900 meter," ucap Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Timika, Monce Brury, kepada detikcom, Minggu (22/9/2019).

Pesawat Twin Otter milik PT. Carpediem Aviasi Mandiri DHC6-400 dengan Nomer Registrasi PK-CDC, dengan rute Mimika-Ilaga, dikabarkan hilang pada Rabu (18/9). Didalam pesawat yang hilang kontak ada tiga kru pesawat diantaranya, Pilot Dasep Sobirin, Copilot Yudra Tutuko, Teknisi Ujang Suhendra dan Anggota Brimob Resimen II Bharada Hadi Utomo. Pesawat juga membawa beras milik Bulog sebanyak 1600 kg.


Terkendala Akses, Pencarian Pesawat Rimbun Air Tak Buahkan Hasil:

[Gambas:Video 20detik]


(nvl/nvl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com