detikNews
2019/09/23 04:30:58 WIB

Dampak Kabut Asap, Lion Air Group Batalkan 21 Penerbangan

Nur Azizah Rizki Astuti - detikNews
Halaman 1 dari 2
Dampak Kabut Asap, Lion Air Group Batalkan 21 Penerbangan Foto: Lion Air (Dok. Lion Air).
Jakarta - Lion Air Group mengalami keterlambatan (delay) dan pembatalan penerbangan (cancel) di beberapa jaringan domestik yang dilayani. Hal tersebut merupakan imbas dari kabut asap yang melanda sejumlah daerah.

"Keputusan tersebut disebabkan akibat cuaca buruk berupa fog/smoke (kabut asap) yang terjadi di beberapa daerah. Kondisi ini mengakibatkan jarak pandang pendek (visibility below minimum) dan tidak memenuhi persyaratan keselamatan penerbangan untuk proses lepas landas dan mendarat," kata Corporate Communications Strategic of Lion Air Group, Danang Mandala Prihantoro, dalam keterangan tertulisnya, Minggu (22/9/2019).

Dampak yang timbul berpotensi mengakibatkan terganggunya rotasi pesawat untuk sektor atau rute penerbangan Lion Air Group berikutnya. Danang menegaskan bahwa berdasarkan situasi yang terjadi, seluruh operasional dijalankan berdasarkan standar operasional prosedur (SOP).

"Lion Air Group sudah menginformasikan kepada seluruh penumpang atau tamu yang terganggu perjalanannya. Lion Air Group memfasilitasi kepada penumpang bagi yang akan melakukan proses pengembalian dana (refund), perubahan jadwal keberangkatan (reschedule) sesuai dengan ketentuan dan aturan yang berlaku," jelasnya.


Danang mengatakan Lion Air Group akan berkoordinasi dengan pihak terkait untuk mengetahui perkembangan situasi terkini. Operasional Lion Air Group akan kembali normal jika jarak pandang dinyatakan aman untuk penerbangan.

"Lion Air Group akan terus berkoordinasi bersama pihak terkait guna memperoleh perkembangan atau keterangan sesuai situasi terbaru. Operasional Lion Air, Wings Air, Batik Air, dan Malindo Air akan berjalan normal kembali setelah jarak pandang dinyatakan aman untuk penerbangan (safe for flight). Lion Air Group akan meminimalisir dampak yang timbul, agar operasional lainnya tidak terganggu," tegas Danang.
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com