detikNews
Senin 23 September 2019, 04:26 WIB

Doa Agar Tak Malas di Hari Senin Biar Semangat di Awal Pekan

Lusiana Mustinda - detikNews
Doa Agar Tak Malas di Hari Senin Biar Semangat di Awal Pekan Ilustrasi foto: Denny Putra/detikcom
Jakarta -

Ada doa agar tak malas yang bisa dibaca di hari Senin. Doa dibaca untuk meminta perlindungan dari Allah SWT agar dijauhkan dari sifat malas, pikun, pengecut dan pelit. Maka jika kurang bersemangat di awal pekan ini setelah dua hari liburan, doa ini bisa dibaca.



Dikutip dari islam.nu.or.id, berikut ini sebuah hadist yang diriwayatkan Imam Bukhari, dari Anas bin Malik radiyallahu 'anhu menyebutkan bahwa Rasulullah shallallahu'alaihi wasallam pernah memohon perlindungan kepada Allah SWT agar dijauhkan dari sifat malas. Rasulullah membaca doa ini:

اللَّهُمَّ إِنِّى أَعُوذُ بِكَ مِنَ الْكَسَلِ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنَ الْجُبْنِ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنَ الْهَرَمِ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنَ الْبُخْل

Allâhumma innî a'ûdzubika minal kasali wa a'ûdzubika minal jubni wa a'ûdzubika minal harami wa a'ûdzubika minal bukhli

Artinya:

"Ya Allah sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari rasa malas, dan aku berlindung kepada-Mu dari sikap pengecut, dan aku aku berlindung kepada-Mu dari pikun, dan aku berlindung kepadaMu dari sifat pelit."



Doa agar tak malas lainnya diriwayatkan oleh Imam Bukhari dan Muslim dari Sayidah Aisyah. Doa ini sangat dianjurkan untuk dibaca setelah menunaikan salat wajib yang lima waktu. Ada pun doanya adalah;

اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنَ الكَسَلِ وَالهَرَمِ، وَالمَأْثَمِ وَالمَغْرَمِ، وَمِنْ فِتْنَةِ القَبْرِ، وَعَذَابِ القَبْرِ، وَمِنْ فِتْنَةِ النَّارِ وَعَذَابِ النَّارِ، وَمِنْ شَرِّ فِتْنَةِ الغِنَى، وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ فِتْنَةِ الفَقْرِ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ فِتْنَةِ الَمسِيحِ الدَّجَّال

Allahumma inni a'uzubika minal kasali wal harami wal ma'tsami wal maghrami wamin fitantil qobri wamin fitnatin nar wa 'azabin nar wamin syarri fitnatil ghina wa a'uzubika min fitnatil faqri wa a'uzubika min fitnatil masihid dajjal.

"Ya Allah, aku berlindung kepadaMu dari kemalasan dan usia jompo, perbuatan dosa dan hutang, fitnah kubur dan azab kubur, fitnah neraka dan azab neraka, keburukan fitnah kekayaan, aku berlindung kepada-Mu dari fitnah kemiskinan dan aku berlindung kepada-Mu dari fitnah Masih Dajjal."



Itulah doa agar tak malas di awal pekan yang bisa kita amalkan. Sebab segala bentuk kemalasan tentu tidak disukai Allah SWT. Di hari Senin ini, ada baiknya lakukan salat sunah Dhuha sebelum mulai bekerja dan selalu berzikir kepada Allah SWT.







(lus/erd)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com