detikNews
Minggu 22 September 2019, 19:20 WIB

Tak Ada Listrik, Pencari Suaka di Kalideres Gelap-gelapan

Farih Maulana Sidik - detikNews
Tak Ada Listrik, Pencari Suaka di Kalideres Gelap-gelapan Foto: Kondisi pencari suaka di Kalideres pada Minggu (22/9/2019) malam (Farih Maulana Sidik/detikcom)
Jakarta - Para pencari suaka di Kalideres beraktivitas tanpa lampu alias gelap-gelapan di malam hari. Salah satu pencari suaka bernama Ali (27) menyebut listrik di eks lahan Kodim di Kalideres, Jakarta Barat, sudah tak menyala sejak Sabtu (31/8).

"Sekitar 20 hari yang lalu," ujar Ali di eks Gedung Kodim, Jalan Bedegul, Kalideres, Jakarta Barat, Minggu (22/9/2019).


Pantauan detikcom di lokasi, sudah tak ada lampu yang menyala di dua gedung yang ada di halaman eks Kodim. Para pencari suaka banyak yang memilih untuk beraktivitas di luar.

Di dalam gedung, penerangan para pencari suaka hanya dibantu dengan lilin. Ada pula mereka yang memiliki handphone, mereka menggunakannya untuk penerangan.

"Ada satu ruangan itu pake lilin, tapi di lantai 1 dan 2 tidak ada listrik, semua gelap," kata Ali.


Ada sejumlah kipas angin besar dan kecil, namun karena tak ada listrik, kipas itu tidak ada yang menyala. Para pencari suaka banyak yang memilih untuk beraktivitas di luar agar tidak kegerahan.

Tampak orang dewasa laki-laki beraktivitas di luar gedung. Mereka berkumpul dan berbincang-bincang. Sementara orang dewasa perempuan dan anak-anak lebih memilih untuk beristirahat di dalam tenda.
(gbr/gbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com