detikNews
Minggu 22 September 2019, 17:30 WIB

Alumni Trisakti: Usul Gelar Putera Reformasi untuk Jokowi Bukan dari Kami

Tsarina Maharani - detikNews
Alumni Trisakti: Usul Gelar Putera Reformasi untuk Jokowi Bukan dari Kami Presiden Jokowi (Foto: dok detikcom)
Jakarta - Ikatan Alumni Universitas Trisakti (Ika Usakti) memberi tanggapan terkait beredarnya surat dari Universitas Trisakti terkait rencana pemberian gelar Putera Reformasi kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi). Ika Usakti menegaskan usul pemberian gelar ke Jokowi tersebut bukan dari mereka.

Sekretaris Jenderal Ika Usakti Achmad Kurniawan mengatakan mereka sudah mengirimkan surat tanggapan kepada Universitas Trisakti. Surat sudah dikirimkan siang tadi.

"Tadi jam dua siang sudah kami serahkan ke kampus. Surat elektroniknya sudah kami sampaikan ke Warek I, II, dan III, ke rektor, dan humas juga kami sampaikan," kata Achmad saat dihubungi wartawan, Minggu (22/9/2019).


Achmad menyebut pihaknya belum bertemu langsung dengan Rektor Universitas Trisakti Prof Dr Ali Ghufron Mukti untuk menyampaikan penjelasan. "
"Kayaknya beliau lagi ke luar negeri, dari Kamis. Katanya baru pulang Selasa atau Rabu," ujarnya.

Surat tanggapan yang dilayangkan Ika Usakti tertanggal 21 September 2019 bernomor 266/SK-IKAUSAKTI/IX/2019. Surat ditandatangani Ketua Umum Ika Usakti Saidu Solihin dan Achmad Kurniawan.

Dalam surat tanggapan ini, Ika Usakti menegaskan usulan penghargaan Putera Reformasi kepada Jokowi bukan dari mereka. Mereka juga mengingatkan Rektor Trisakti bahwa Universitas Trisakti adalah lembaga pendidikan, bukan lembaga politik.

Ika Usakti memberi tanggapan karena dalam surat yang beredar disebut bahwa pemberian gelar Putera Reformasi kepada Jokowi adalah realisasi dari amanah 'Deklarasi Alumni Trisakti untuk Jokowi' pada 9 Februari 2019.


Berikut ini isi lengkap surat tanggapan Ika Usakti untuk Rektor Trisakti Prof Dr Ali Ghufron Mukti:

Dengan hormat,

Menanggapi dengan beredarnya surat Pjs Rektor Universitas Trisakti No. 339/AK.15/USAKTI/R/IX/2019, tertanggal 12 September 2019 yang ditandatangani oleh Bapak Prof. dr. Ali Gufron Mukti, M.Sc., Ph.D, perihal pemberian penghargaan sebagai "Putra Reformasi" kepada Presiden RI Bapak Ir. H. Joko Widodo, dengan ini kami dari Ikatan Alumni Universitas Trisakti (IKAUSAKTI) perlu memberikan tanggapan sebagai berikut:

1. Bahwa usulan anugerah penghargaan sebagai "Putra Reformasi" BUKANLAH dari organisasi Ikatan Alumni Universitas Trisakti;

2. Bahwa IKAUSAKTI masih konsisten dalam Perjuangan Penuntasan Kasus Tragedi Trisakti 12 Mei 1998 dan Penganugerahan Gelar "Pahlawan Nasional Reformasi' kepada 4 Pejuang Reformasi yang gugur dalam peristiwa Tragedi Trisakti 12 Mei 1998;

3. Bahwa pemberian anugerah penghargaan tersebut bukanlah merupakan tradisi pendidikan yang selama ini berlaku di lingkup Universitas Trisakti. Dengan demikian kami menyampaikan sekaligus mengingatkan kepada Pjs Rektor Universitas Trisakti bahwa Universitas Trisakti merupakan lembaga pendidikan bukan lembaga politik;

Demikianlah Surat Tanggapan ini Kami sampaikan kepada Bapak sebagai bahan pertimbangan Bapak dalam mengambil keputusan yang tepat dan objektif terkait hal ini. Semoga Allah SWT Tuhan Yang Maha Kuasa senantiasa merahmati kita semua. Amin.

Wassalamu'alalkum warahmatullahi wabarakatuuh
Salam sejahtera untuk kita semua

Hormat kami,
IKATAN ALUMNI UNIVERSITAS TRISAKTI
PERIODE 2017 - 2021

SAIDU SOLIHIN, SE, MM.
Ketua Umum IKAUSAKTI

IR ACHMAD KURNIAWAN
Sekretaris Jenderal IKAUSAKTI


Alumni Trisakti: Usul Gelar Putera Reformasi untuk Jokowi Bukan dari Kami

(hri/ang)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com