detikNews
Minggu 22 September 2019, 17:00 WIB

Anies Akan Panggil Pekerja Pabrik Arang di Cilincing untuk Diskusi

Arief Ikhsanudin - detikNews
Anies Akan Panggil Pekerja Pabrik Arang di Cilincing untuk Diskusi Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Stasiun MRT (Rolando/detikcom)
Jakarta - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan memanggil pekerja pabrik arang dan peleburan aluminium di Cilincing, Jakarta Utara, yang ditutup. Pemprov menyebut ingin mendengar aspirasi dari pekerja tersebut.

"Nanti kita panggil saja, kita lihat mereka aspirasinya apa (setelah ditutup), potensinya apa kemudian kegiatannya apa nanti kita akan panggil untuk diskusi. Cuma yang penting jangan melanggar," ucap Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan kepada wartawan di Pulau Tidung, Jakarta, Minggu (22/9/2019).


Namun Anies punya pesan khusus untuk pegawai-pegawai yang mengetahui ada pelanggaran di lokasi kerjanya.

"Ketika sudah ada pelanggaran itu tindakan pidana. Kalau tindakan pidana, ada konsekuensinya. Jadi ini yang sering saya sampaikan berkali-kali bahwa kalau kita bekerja di sebuah tempat yang sudah tahu melanggar, ya lapor," ucap Anies.

Anies lalu bercerita beberapa kejadian penutupan tempat hiburan karena narkoba. Para pegawai kebingungan setelah tempat itu ditutup.


"Ingat waktu penutupan tempat-tempat yang di situ ada kegiatan narkoba. Kan yang bekerja di situ sebenarnya tahu. Tapi diam. Lalu ketika tempat itu ditutup baru bilang, 'Pak ini bagaimana dengan pekerjaan kami.' Harusnya dari awal mereka bisa mencari tempat lain yang tidak punya masalah legal," kata Anies.

Dia menyebut ada perbedaan antara kehilangan pekerjaan karena masalah pelemahan ekonomi dan karena masalah hukum. Meski begitu, Anies akan tetap mengajak diskusi.

"Tapi ini berbeda sekali dengan kehilangan pekerjaan dengan perekonomian yang melemah misalnya, maka pemerintah lebih punya tanggung jawab tuh. Kalau di sini, selama ini melanggar, dihentikan, otomatis kehilangan pekerjaan," ucap Anies.


Anies Akan Panggil Pekerja Pabrik Arang di Cilincing untuk Diskusi

(aik/gbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com