detikNews
Minggu 22 September 2019, 15:51 WIB

Cegah Kebakaran, Anies Akan Pasang Marka di Kampung Rentan Korsleting

Matius Alfons - detikNews
Cegah Kebakaran, Anies Akan Pasang Marka di Kampung Rentan Korsleting Foto: Anies Baswedan kunjungi kebakaran Jatinegara (Matius Alfons/detikcom)
Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan telah menyiapkan beberapa cara untuk mengantisipasi terjadinya kebakaran di rumah padat penduduk. Anies mengaku akan memberi marka di rumah-rumah soal bahaya korsleting.

"Ya itu sebabnya, kita melakukan pemberian marka-marka, tanda-tanda di rumah-rumah di kampung-kampung yang memiliki risiko kebakaran," kata Anies kepada wartawan di Masjid Al Barokah, Rawabunga, Jatinegara, Jakarta Timur, Minggu (22/9/2019).


Anies mengaku akan memberi marka berisi imbauan kebakaran akibat korsleting listrik. Marka tersebut, kata Anies, juga berisi pesan pemasangan kabel listrik yang benar.

"Supaya muncul kesadaran bahwa umumnya (kebakaran) kejadian dari kabel-kabel listrik yang pemasangannya tidak benar, sekarang ini tampaknya karena charging ya. Hal-hal ini harus jadi perhatian kita semua," ungkap Anies.


Kemudian Anies juga menjelaskan kebakaran yang menghanguskan ratusan rumah di Jatinegara ini lantaran korsleting alat charging. Dia meminta kejadian ini dijadikan pembelajaran bagi semuanya.

"Kejadian meletupnya sebuah alat charging yang kemudian sebabkan kebakaran. Ini sebagai hikmah juga kita semua bahwa ketika kenakan alat-alat elektronik harus dijaga, harus ditunggu sehingga tidak menimbulkan efek yang tidak diinginkan," papar Anies.

Sebelumnya Kebakaran di Jatinegara melanda dua kelurahan, Balimester dan Rawa Bunga. Total ada 129 rumah yang terbakar dan kerugian ditaksir mencapai Rp 2 miliar.


Cegah Kebakaran, Sandiaga Minta Warga Budayakan Tanggap Bencana:

[Gambas:Video 20detik]

Cegah Kebakaran, Anies Akan Pasang Marka di Kampung Rentan Korsleting



(maa/gbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com