detikNews
Minggu 22 September 2019, 15:36 WIB

Langit di Muaro Jambi Sudah Tak Merah Lagi

Ferdi Almunanda - detikNews
Langit di Muaro Jambi Sudah Tak Merah Lagi Kabut asap masih menyelimuti Muaro Jambi. (Ferdi/detikcom)
Jambi - Kondisi langit di Kabupaten Muaro Jambi pada sore hari ini kembali normal. Kondisi di langit itu berbeda pada hari sebelumnya yang terlihat menguning di pagi hari hingga memerah pada sorenya.

Walau terlihat normal, kualitas udara di Kabupaten Muaro Jambi hingga saat ini masih dalam kondisi tidak sehat. Aktivitas warga kembali normal.

"Sudah normal alhamdulillah, berbeda dari yang kemarin, kalau kemarin kondisi langit merah sekali sampai takut untuk keluar dari rumah. Sekarang aktivitas kami seperti biasa," kata warga Desa Mekar Sari, Kecamatan Kumpe Ilir, Kabupaten Muaro Jambi, Jambi, Novi Wulandari, kepada detikcom, Minggu (22/9/2019).


Kondisi udara di langit Muaro Jambi hari ini juga terlihat berasap. Kondisi asap itu berbeda pada hari sebelumnya yang amat pekat hingga menyebabkan kualitas udara berbahaya.

"Cuaca hari ini hanya diselimuti asap saja, kalau kemarin asapnya sangat pekat sekali ya, hingga siang hari terasa malam. Jarak pandang pun bahkan sangat tipis sekali. Namun sekarang sudah normal dari pagi tadi sampai sore sudah tidak memerah lagi, cuma diselimuti asap saja dan adanya abu dari sisa kebakaran lahan yang berterbangan," ujar Novi.


Sementara itu, pada sore ini, udara di Kota Jambi terlihat dikelilingi asap yang cukup pekat. Kondisi asap yang menyelimuti itu berbeda dari hari sebelumnya hingga menyebabkan jarak pandang sedikit terganggu.

Langit yang diselimuti oleh asap itu juga membuat kualitas udara di Kota Jambi masih dalam kategori tidak sehat hingga berbahaya. Berdasarkan alat AQMS DLH Kota Jambi, tingkat ISPU di Kota Jambi dari data real-time pukul 15.00 WIB pada 22 September 2019, dengan parameter PM 2,5, nilai konsentrasi 450 di atas baku mutu berkategori berbahaya.



Bikin Panik! Langit Jambi Memerah Gegara Kabut Asap:

[Gambas:Video 20detik]


Langit di Muaro Jambi Sudah Tak Merah Lagi

(fdu/fdu)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com