detikNews
2019/09/22 14:28:48 WIB

Ribuan Petani Bakal Gelar Aksi di Istana-DPR 24 September

Yulida Medistiara - detikNews
Halaman 1 dari 2
Ribuan Petani Bakal Gelar Aksi di Istana-DPR 24 September Konferensi pers menuju Hari Tani Nasional 2019. (Yulida Medistiara/detikcom)
Jakarta - Ribuan petani dari berbagai daerah akan menggelar aksi pada 24 September dalam rangka peringatan Hari Tani Nasional (HTN) sekaligus menolak pengesahan RUU Pertanahan. Aksi tersebut direncanakan digelar di dua titik, yakni Istana Negara dan gedung MPR/DPR RI.

"Kami mengajak pada 24 September aksi damai karena situasinya sedang memanas, terutama di Jakarta, terutama terkait pembahasan RUU Pertanahan. Kami ingin pastikan peringatan Hari Tani Nasional dapat berjalan dengan lancar dan tidak terganggu dengan situasi nasional," kata Sekjen Konsorsium Pembaruan Agraria (KPA), Dewi Kartika, di kantornya, Pancoran, Jakarta Selatan, Minggu (22/9/2019).


Dia memperkirakan akan ada 7.500 massa yang berasal dari serikat petani di berbagai daerah, di antaranya dari daerah Jawa Barat, Serikat Petani Pasundan, Serikat Petani Majalengka, Banten, Pemalang, Batang, dan Banjarnegara (Jawa Tengah).

"Sampai hari ini, ada estimasi 7.500 orang. Tapi kita masih lihat kondisi yang berkembang, tapi perhitungan terakhir sekitar 7.500," ujarnya.

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com