detikNews
2019/09/22 07:46:10 WIB

Pesawat Twin Otter yang Hilang di Papua Baru Setahun Beroperasi

Saiman - detikNews
Halaman 1 dari 2
Pesawat Twin Otter yang Hilang di Papua Baru Setahun Beroperasi Foto: Ilustrasi pesawat hilang (dok detikcom)
Timika - Proses pencarian pesawat Twin Otter DHC6-400 dengan nomor registrasi PK-CDC, yang hilang kontak di Papua, kembali dilakukan pagi ini. Hingga Sabtu (21/9) pencarian pesawat tersebut belum membuahkan hasil. kini memasuki hari ini ke Lima.

Twin Otter DHC6-400 adalah sebuah jenis pesawat penumpang sipil (airliner) sayap tinggi (high wing) yang paling sukses dalam sejarah program dirgantara Kanada. Pesawat Twin Otter Type DHC6-400 yang hilang itu di kelola PT Carpediem Aviasi Mandiri, termasuk produk terbaru dengan mesin turboprop.

Pesawat seri 400 ini di produksi sekitar tahun 2016 di Kanada dan didatangkan ke Indonesia pada Oktober 2018 via Bandara Biak. Sertifikat operator pesawat tersebut (Air Operator Certificate/AOC) bernomor 135-061 tertanggal 25 April 2018.



Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Mimika, Yan S Purb mengatakan, pesawat yang hilang tersebut merupakan spesialis kargo. Dia menyebut, jika dipergunakan untuk penumpang, pesawat tersebut bisa menampung sebanyak 17 orang.

"Jadi yang terdaftar di kementerian, AOC-nya atas nama PT Carpediem Aviasi Mandiri, yang mengoperasikan Rimbun Air, " Kata Yan S Purba.


Pesawat Twin Otter DHC6-400 (tipenya sama dengan yang hilang).Pesawat Twin Otter DHC6-400 (tipenya sama dengan yang hilang). (Foto: Saiman/detikcom)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com