detikNews
2019/09/22 05:09:10 WIB

Program Prioritas PBNU Jelang Muktamar, Salah Satunya RUU Pesantren

Tim detikcom - detikNews
Halaman 1 dari 1
Program Prioritas PBNU Jelang Muktamar, Salah Satunya RUU Pesantren Foto: Said Aqil Siradj (Ari Saputra)
Purwakarta - Rapat Pleno Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) menetapkan sejumlah program prioritas menjelang gelaran Muktamar ke-34 pada tahun 2020 mendatang. Salah satu program prioritas PBNU yakni mengawal implementasi Rancangan Undang-Undang (RUU) Pesantren, jika sudah disahkan menjadi UU.

"Sejumlah program prioritas ini bisa menjadi langkah konkret dalam menyongsong Muktamar Ke-34 Nahdlatul Ulama," kata Ketum PBNU Said Aqil Siradj, usai Rapat Pleno PBNU di Purwakarta, Jawa Barat, Sabtu (21/9/2019), seperti dilansir Antara.




Said Aqil mengatakan, PBNU juga memiliki program-program prioritas lain, di antaranya yakni penanganan masjid, terutama masjid di lingkungan kantor BUMN. Dia menyebut penanganan masjid dan musala menjadi program prioritas karena memiliki peran penting dalam memajukan umat.

"Program prioritas lainnya ialah menghidupkan lembaga dakwah," katanya.

Menurutnya, sosialisasi Islam kebangsaan dan Islam wasathiyah melalui media sosial juga harus lebih diintensifkan dalam mengembangkan kerja dakwah melalui media sosial. Ia menilai pengaderan yang dibarengi dengan pelatihan teknis, seperti penguatan teknologi informasi, media sosial juga masuk dalam program prioritas NU menjelang Muktamar.




Selain itu, tiga program prioritas lainnya ialah penguatan pendidikan tinggi dan pendidikan vokasi, pemberdayaan ekonomi masyarakat dan penyiapan kelembagaan serta mengadvokasi RUU Pesantren, RUU PKS, RUU KUHP dan RUU Pertanahan.

"Jika RUU Pesantren sudah disahkan menjadi UU Pesantren dan Pendidikan Keagamaan, maka harus dikawal agar bermanfaat bagi pesantren," kata dia.


Ma'ruf Amin Sebut Banyak Ormas Islam Dukung RUU Pesantren:

[Gambas:Video 20detik]


(zak/zak)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com