Round-Up

Kisah Rumah Tua di Tengah Kompleks Apartemen Mewah

Audrey Santoso - detikNews
Sabtu, 21 Sep 2019 20:38 WIB
Foto: Sebuah rumah tua nampak menyempil di tengah komplek Apartemen Thamrin Exclusive Residence. Seperti apa penampakannya? (Audrey Santoso-detikcom)

Lieus juga mengeluh soal air bersih. Dia menceritakan semenjak apartemen beroperasi, dia mengalami krisis air bersih. "Sekarang mah nggak ada air. Kita ambil (air) di luar," keluhnya.

Lieus mengaku merogoh lebih dari Rp 100 ribu per hari untuk mendapatkan 25 galon air bersih. Puluhan galon tersebut dibawanya seorang diri menggunakan motor dari tempat agen pengisian ulang air.

Akses masuk rumah Lieus dari apartemen harus melewati jalan setapak menurun. Jalan itu terbuat dari semen sepanjang sekitar 3 meter dengan lebar sekitar setengah meter dan curam.

"Angkat galon sendiri. Makanya kalau hujan, jalan licin, kita tinggal jatuh sampai punggung saya sakit," tutur dia.

Pengelola Angkat Bicara

Menurut Pengelola Thamrin Executive Residence tak ada yang terganggu dengan keberadaan rumah milik Lieus.

"Rumah itu milik warga yang sejak dulu tinggal di sini, sebelum apartemen dibangun. Kalau kami kan konsultan, pengelola yang mengelola gedung apartemen ini. Saat pertama kami kelola, kondisinya sudah seperti itu (ada rumah tua)," kata Chief Customer Service Apartemen Thamrin Executive Residence, Emi, saat dimintai konfirmasi detikcom, Sabtu (21/9).


Emi mengatakan pihaknya menghargai keputusan pemilik yang bertahan tinggal di rumah itu sehingga pihaknya memilih hidup berdampingan, meski tak lazim.

"Jadi saling hidup berdampingan, tidak ada yang komplain, tidak ada yang terganggu, nyaman-nyaman saja gitu. Jadi selama ini tidak ada masalah apa pun. Penghuni juga tidak terganggu," ucap Emi.
Selanjutnya
Halaman
1 2 3